Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Tips Mendapatkan Rumah Subsidi

Tips Mendapatkan Rumah Subsidi ~ Sejak pemerintah membuat program sejuta rumah pada April 2015 lalu, kini minat masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap rumah subsidi semakin meningkat tajam.

Tips Mendapatkan Rumah Subsidi

Baik, langsung saja untuk anda yang berminat mendapat rumah subsidi, berikut beberap tips yang dapat anda lakukan.

1. Survei pihak pengembang perumahan subsidi

Nah, sebelum membeli rumah subsdisi, anda perlu melakukan survei lokasi dan mengecek kondisi pengembang dalam hal legalitas seperti sertifikat tanah, surai izin mendirikan bangunan (IMB) serta track record developer.

Selain itu siapkan juga dokumen penting seperti KTP pemohon dan pasangan (bila anda sudah menikah), KK, NPWP, Surat Keterangan Domisili RUmah, Akta Nikah dan Rekening Koran.

2.Menguatkan komitemen saat wawancara dengan pihak bank

Berikutnya usahakan juga sebagai calon pembeli harus bersih dari utang dan kredit, seperti kredit motor, mobil, kartu kredit, rumah, telepon genggam dan semua jenis kartu kredit melalui pihak leasing.

Pada tahap ini BI Checking akan dilakukan oleh pihak analis bank. Dan fokus penilaian bank biasanya akan mengarah ke status pekerjaan dari calon pembeli.

3. Mempersiapkan diri.

Agar rumah subsidi bisa didapat, kita harus memenuhi persyaratan mutlak yang sudah ditetapkan pemerintah. Perlu diperhatikan jika harga unit rumah bersubsidi akan mengalami kenaikan 5% setiap tahun.

Berikut beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi.

  • Memiliki penghasilan maksimal Rp 4 juta setiap bulan untuk tumah tapak, atau Rp 7 juta perbulan untuk kategori rumah susun.
  • Belum pernah memiliki rumah atau belum pernah mendapatkan subsidi kepemilikan rumah dari pemerintah.
  • Sudah bekerja diperusahaan formal setidaknya 1 tahun.
  • Memiliki NPWP,SPT dan PPh.
  • Terakhir pembeli rumah subdidi juga tidak diperbolehkan mengalihtangankan rumah dalam waktu lima tahun.

Itulah beberapa tips mendapatkan rumah subsidi yang barangkali perlu kita ketahui khususnya bagi anda yang ingin memperoleh rumah subsidi.

Baca juga:

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *