Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Tips Mencegah Kebakaran Di Rumah

Tips Mencegah Kebakaran Di Rumah ~ Sering kita mendengar ataupun melihat berita tejadinya kebakaran rumah, entah itu karena unsur kelalaian karena lupa mematikan kompor, terjadinya arus pendek dan lain sebagainya.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang patut kita perhatikan guna mencegah terjadinya kebakaran di dalam rumah.

1. Memperhatikan penggunaan listrik

Tips pertama yang perlu di perhatikan adalah menyesuaikan konsumsi penggunaan arus listrik di rumah dengan kapasitas meteran yang kita gunakan. Hal ini penting guna menghindari peralatan listrik dari over heat ketika arus listrik digunakan dalam daya yang tinggi.

Selain itu penting juga memperhatikan instalasi listrik di rumah guna mencegah tejadinya short atau korsleting yang sering di akibatkan adanya kabel yang tidak terisolasi dengan baik ataupun sambungan kabel yang bermasalah.

2. Menjauhkan barang-barang pemicu api

Berikutnya penting juga untuk memperhatikan barang-barang pemicu api seperti kompor, tabung gas, korek api dan sebagainya. Tempatkanlah barang-barang tersebut di tempat yang aman dan tidak mudah di jangkau oleh anak-anak.

3. Mengawasi penggunaan tabung dan kompor gas

Nah, kalau yang satu ini biasanya menjadi salah satu penyebab sering terjadinya kebakaran di dalam rumah. Perhatikan dan ingatlah untuk mematikan kompor gas atau alat masak anda ketika sudah selesai di gunakan.

4. Menyediakan alat pemadam kebakaran di rumah

Tips Mencegah Kebakaran Di Rumah

Guna menjaga rumah anda bisa di selamatkan ketika terjadi kebakaran, sebaiknya sediakan alat pemadam kebakaran seperti fire extinguisher. Pasatikan juga peralatan tersebut berfungsi sebelum di gunakan.

5. Memasang pendeteksi asap

Pendeteksi asap atau di sebut juga dengan smoke detector bisa anda pasang di rumah anda guna mencegah kebakaran. Smoke detector biasanya di pasang di langit-langit dan bekerja melalui sensor yang mampu mendeteksi asap dengan intensitas tinggi yang menandakan adanya sumber api yang tidak wajar di dalam rumah.

6. Merencanakan jalur evakuasi

Saat kebakaran terjadi, mungkin hal pertama yang terlintas di benak anda adalah menyelamatkan dan memadamkan api tersebut, namun tentu sangat sulit khususnya jika kobaran api sudah membesar.

Untuk itu ada baiknya bagi anda untuk merencanakan jalur safety atau jalan keluar untuk melarikan diri dengan cepat dan aman.

Demikian artikel Tips Mencegah Kebakaran Di Rumah semoga bermanfaat untuk kita semua, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Baca juga, Tips Membeli Tanah Untuk Investasi

Bantu Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *