Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Tips Membeli Rumah Pertama Kali

Tips Membeli Rumah Pertama Kali ~ Barangkali ada di antara anda yang saat ini sedang berencana untuk membeli rumah pertama kali. Jika anda merupakan pasangan muda dan saat ini masih belum memiliki rumah sendiri, maka dari sekarang merencanakan untuk membeli rumah sendiri sangatlah penting.

Tentu kita tidak akan begitu nyaman jika terlalu lama hidup dengan menyewa rumah atau bertempat tinggal di rumah kos-kosan yang bukan milik kita sendiri, pikir-pikir daripada kita harus bayar sewa rumah setiap bulan atau setiap tahun, lebih baik kita beli rumah sendiri walaupun dengan cara kredit.

Baca Artikel Terkait:

Perhatikan Lokasi Saat Anda Membeli Rumah Tempat Tinggal

Tips Membeli Rumah Lelang

Membeli rumah pada saat pertama kali sebenaarnya gampang-gampang sulit. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membeli rumah pertama anda.

1. Membuat perencanaan

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk membeli rumah pertama adalah “perencanaan”. Sebaiknya anda perlu membuat rencana kapan anda harus membeli rumah dan apakah anda akan membeli rumah bekas atau baru dan dimana lokasi rumah yang kira-kira tepat untuk anda.

Dengan menetapkan sebuah rencana akan membuat anda lebih komitmen dan tetap mencari cara bagaimana untuk segera bisa membeli rumah pertama.

2. Memilih Lokasi

Lokasi rumah adalah salah satu faktor paling penting yang harus kita pertimanbangkan, pilihlah lokasi rumah yang memberikan kemudahan bagi anda seperti dekat ke tempat kerja, berdekatan ke pasar umum, ke sekolah anak dan sebagainya.

3. Mengetahui harga pasaran rumah

Mengetahui harga pasaran sebuah rumah pada lokasi yang akan di beli menjadi hal yang wajib kita ketahui. Untuk hal ini anda perlu melakukan survei ke lokasi rumah incaran anda dan tanyakan langsung kepada warga setempat berapa harga pasaran rumah di lokasi tersebut.

Hal demikian penting kita ketahui khususnya jika kita akan membeli rumah second atau bekas. Dengan mengetahui market price sebuah rumah akan membuat kita paham berapa dana yang harus kita persiapkan dan bijak dalam mlakukan negoisasi dengan penjual.

 4. Mempersiapkan dana

Jika anda sudah mengetahui harga pasaran di lokasi rumah yang akan anda beli, berikutnya anda perlu mempersiapkan dana. Untuk pembiayaan dari bank melalui KPR biasanya bank akan mau membiayai rumah baru hingga 80% atau rumah second hingga 70% dan sisa 20% atau 30% lagi anda perlu persiapkan sendiri.

Masalah pembiayaan untuk membeli rumah ada beragam cara mulai dari membayar cash seluruhnya harga rumah, cash bertahap, KPR, membuat perjanjian kontrak pembayaran dengan penjual, mendapatkan dana pinjaman dari orang lain, saudara, teman bisnis dan sumber-sumber pendanaan lainnya.

 5. Beli dari depelover yang mempunyai track record baik

Nah, jika anda berencana membeli rumah baru yang biasanya di sediakan oleh depelover perumahan, maka sebaiknya pilihlah depelover yang memiliki track record yang baik guna mempermudah anda dalam proses pembelian rumah tersebut.

Membeli dari depelover yang sudah terkenal juga biasanya memberikan keuntungan pada pembeli, karena harga propertinya biasanya mengalami kenaikan harga yang lebih tinggi dari tahun ke tahun.

Demikian dulu artikel kali ini untuk Tips Membeli Rumah Pertama semoga bisa membantu anda. Saya tunggu komentar anda sehubungan dengan rencana anda membeli rumah pertama.

Baca juga artikel ini ya, Apa Itu Refinance Rumah

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *