Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Tips Membeli Rumah Lelang

Tips Membeli Rumah Lelang ~ Membeli rumah lelang seringkali dapat memberikan keuntungan bagi pembeli karena harga yang di dapat dari hasil beli lelang biasanya lebih murah atau harga di bawah pasar.

Perlu kita ketahui rumah lelang biasanya merupakan rumah sitaan bank yang terjadi karena adanya kredit macet, atau ketidak mampuan kreditur dalam membayar kewajibannya seperti melunasi cicilan kpr rumah yang harus di bayarkan setiap bulannya.

Tips Membeli Rumah Lelang

Untuk lebih jelasnya, berikut ini di tuliskan beberapa hal yang menyebabkan rumah masuk dalam sitaan sehingga masuk pelelangan.

1. Sebagai contoh sebuah properti, katakanlah seperti rumah yang dibeli oleh kreditur dengan sistim kpr yang seharusnya di cicil setiap bulannya hingga lunas, tidak di bayarkan oleh kreditur selama beberapa bulan berturut turut sehingga terjadilah penyitaan oleh pihak bank pemberi kredit, dan selanjutnya bank akan memasukkan rumah tersebut ke daftar pelelangan.

2. Rumah lelang bisa juga terjadi karena seseorang memeberikan sertifikat rumahnya sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman dari bank, yang kemudian pemilik rumah tersebut mengalami kredit macat sehingga bank melakukan penyitaan.

3. Berikutnya rumah lelang bisa terjadi karena perorangan atau perusahaan tidak membayarkan kewajiban perpajakan yang seharusnya di bayar, sehingga mendapat sanksi penyitaan oleh pihak terkait.

Nah, banyaknya rumah yang masuk lelang bisa jadi memberikan keuntungan bagi mereka yang ingin membeli rumah murah. Untuk melaksanakan proses pelelangan dapat di lakukan dengan dua cara yaitu melalui Balai Lelang dan melalui Penetepan Peradilan. Biasanya sebelum waktu lelang akan dimulai, pihak penyelenggara lelang akan memberitahukan jadwal lelang.

Jika anda berniat untuk ikut pelelangan dengan tujuan untuk mendapatkan rumah harga murah, berikut ini beberapa tips yang bisa anda ikuti.

1. Sebelum mengikuti lelang, sebaiknya lihat terlebih dahulu secara fisik rumah yang masuk ke daftar pelelangan tersebut. Kemudian ketahui harga pasar rumah yang akan di lelang agar anda dapat menetapakan batas penawaran anda pada saat lelang di adakan.

Untuk lebih amannya anda dapat berkonsultasi dengan pihak Notaris terhadap daftar rumah lelang tersebut, ketahui apakah rumah tersebut masuk dalam sengketa atau sulit untuk di urus jika nantinya rumah tersebut berhasil anda menangkan pada saat pelelangan.

Jika anda mendapat informasi bahwa rumah tersebut memang sulit dan masih ada sengketa sebaiknya tinggalkan rumah tersebut dan cari rumah lainnya.

2. Sebelum anda mengikuti lelang, sediakan terlebih dahulu dana untuk membayar uang muka yang biasanya sebesar 20% hingga 50% yang harus di setor terlebih dahulu sebagai jaminan untuk mengikuti lelang.

3. Pada saat proses lelang tawarlah rumah sesuai harga yang telah anda perhitungkan dari awal, ingat sebelum mengikuti lelang anda di wajibkan sudah melihat rumah yang akan di lelang sehingga anda bisa menetapkan tawaran tertinggi anda.

4. Jika anda berhasil memenangkan lelang, jangan sampai telat melunasi sisa harga rumah yang biasanya harus di bayarkan maksimal 3 hari setelah lelang di adakan. Apabila anda sampai lalai untuk melunasi, maka uang muka yang anda setorkan di awal sebesar 20% hingga 50% akan hangus.

Demikian dulu tulisan saya kali ini untuk Tips Membeli Rumah Lelang semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini ya, Teknik Flip Rumah

Bantu Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *