Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Tips Membeli Rumah Kos Agar Anda Tidak Mengalami Kerugian

Tips Membeli Rumah Kos Agar Anda Tidak Mengalami Kerugian ~ Rumah kos-kosan merupakan salah satu usaha yang saat ini semakin banyak di minati, khususnya di tempat-tempat yang peminatnya ramai seperti lokasi kampus, perkantoran, tempat kerja biasanya usaha kos-kosan sangat banyak dan mudah di temui.

Tingginya peminat usaha kos-kosan tentu saja karena potensi penghasilan yang di dapat begitu prospek dan juga tergolong mudah dalam pengelolaannya.

Namun jika anda salah dalam memilih rumah kos saat membeli, bisa saja anda akan mengalami kerugian yang mungkin akan memberatkan keuangan anda.

Masalah yang kita bahas kali ini bukan mengulas tentang harga rumah atau potensi penghasilan yang di dapat dari membeli rumah kos, tapi kita akan membahas biaya atau pengeluaran yang timbul setelah membeli rumah kos tersebut.

Berikut beberapa point penting yang perlu di perhatikan ketika membeli properti kos-kosan agar nantinya tidak mengalami kerugian besar yang di akibatkan banyaknya pengeluaran untuk merenovasi rumah kos tersebut.

1. Sebelum membeli ketahui motivasi dari penjual

Sering kita mendengar ketika membeli properti, salah satu yang paling penting kita ketahui adalah “motivasi penjual”. Dan itu berguna demi menemukan penjual dengan motivasi tinggi guna mendapat harga murah.

Motivasi penjual seperti butuh uang cepat, pindah tugas, pindah kota, butuh biaya pengobatan dan sebagainya seringkali menjual rumah dengan harga di bawah harga pasar, namun di balik itu ada banyak iklan juga yang di pasang dengan label menarik yang seakan-akan penjual ingin secapatnya menjual rumahnya karena sangat butuh uang namun pada kenyataanya tidak.

Ada pemilik yang ingin menjual rumahnya karena adanya masalah yang dialami yang selalu merugikan, seperti tingginya biaya perawatan dari rumah tersebut dan adanya masalah seperti bangunan sudah mulai usang, atap yang bocor di mana-mana sehingga membutuhkan biaya renovasi yang tinggi jika memperbaikinya.

Nah, hal tersebutlah yang penting harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Bisa anda tebak jika anda tidak mengetahui masalah tersebut sebelum membeli, maka ketika anda sudah beli tentu saja semua masalah tersebut menjadi milik anda.

Jika rumah tersebut anda sewakan, sudah bisa di tebak setiap kali ada masalah seperti adanya banjir ketika hujan, atap yang bocor dan kerusakan lainnya maka penyewa akan selalu komplain dan terus-terus menghubungi anda.

Dan mau tidak mau akhirnya anda harus merenovasi ulang rumah tersebut yang bisa saja membutuhkan biaya besar. Dengan adanya renovasi yang memakan biaya besar tentu akan mempengaruhi kondisi keuangan anda.

2. Identifikasi masalah

Untuk mengetahui masalah dari rumah yang akan anda beli, sebaiknya jangan langsung percaya pada keterangan yang di berikan penjual, lebih baik anda langsung mendatangi rumah tersebut dan tanyakan kepada penyewa keluhan apa saja yang mereka alami, lebih lanjut anda juga bisa menanyakan tetangga sekitar.

3. Hitung biaya pengeluaran

Jika anda harus membeli, sebaiknya hitung terlebih dahulu berapa kira-kira biaya yang harus anda keluarkan jika nantinya renovasi di lakukan.

Jika anda rasa cukup memberatkan karena harus mengeluarkan dana yang cukup besar maka sebaiknya tinggalkan saja dan cari properti lainnya yang lebih memberikan prospek yang baik.

Itulah, beberapa hal penting yang harus kita ketahui ketika ingin membeli rumah kos-kosan agar tidak mengalami kerugian. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Baca juga artikel sebelumnya, Tips Memilih Agen Properti Untuk Jual Beli Dan Sewa

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *