Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Tips Membeli Rumah Bekas [Wajib Dibaca]

Tips Membeli Rumah Bekas ~ Ketika beli rumah, pada dasarnya kita selalu punya dua pilihan apakah memilih rumah baru atau bekas (second).

Diantara keduanya, tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beli rumah baru, kualiatasnya lebih baik dan juga harga yang pasti lebih mahal, sedangkan beli rumah second biasanya akan lebih murah.

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika beli rumah seken, mulai dari kondisi bangunan, usia rumah, lingkungan dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut diulas beberapa tips membeli rumah bekas.

1. Cek kondisi rumah

Keuntungan KPR Dengan Tenor Terlama

Point pertama tentu saja harus mengecek kondisi rumah bekas yang akan di beli. Anda jangan langsung percaya dengan tampilan fasad rumah atau promosi dari penjual.

Untuk memastikan rumah bekas layak dibeli, sebaiknya ajak teman atau arsitek yang mengerti tentang layak tidaknya bangunan tersebut.

Ketahui usia bangunan rumah, dan kapan terakhir kali renovasi dilakukan. Selain itu perlu juga memperhatikan ketahanan dinding adakah retakan atau kelembaban akibat saluran air yang bocor?

Jangan hanya terbuai dengan tampilan interior bangunan yang barangkali sudah sengaja di renovasi habis-habisan untuk menaikkan harga sebelum dijual.

Cermat melihat usia bangunan rumah, berhubungan juga dengan keselamatan Anda dan anggota keluarga lainnya.

Perhatikan juga sirkulasi udara yang keluar rmasuk ruangan. Perikasa kelengkapan ventilasi dan pencahayaan rumah.

Perlu anda ketahui ruang yang kurang memperhitungkan kecukupan ventilasi dan pencahayaan akan menyebabkan kelembaban.

Hal ini membuat rumah akan sangat disukai rayap dan jamur yang akan membuat rumah menjadi bau dan tidak sehat.

Selanjutnya Anda perlu mengecek keberadaan sumber air. Ini sangat penting bagi kebutuhan keluarga. Pastikan sember air seperti sumur yang memiliki jarak ideal dengan septic tank sekitar 10 meter persegi.

Apabila jarak ideal tidak dipenuhi, biasanya air akan tercemar dan tentunya tidak layak di konsumsi.

Dan point penting lainnya adalah memeriksa daya penunjang listrik. Apakah pemilik rumah sebelumnya punya masalah dengan segelan meteran atau tidak.

Ini penting agar anda tidak menanggung dengan biaya tinggi karena meteran bermasalah.

2. Cek status kepemilikan rumah

Apabila pengecekan kondisi fisik bangunan sudah dilakukan, sekarang mulailah jeli memeriksa status kepemilikan rumah.

Lihat dan pastikan rumah tersebut punya izin surat dan sertifikat kepemilikan, baik itu SHM atau HGB.

Ketahui juga apakah rumah tersebut memiliki masalah sengketa akibat permasalahan warisan. Rumah warisan biasanya punya banyak ahli waris, ketahui apakah semua ahli waris setuju dengan penjualan rumah tersebut.

Jika rumah dalam status sengketa, sebaiknya Anda tinggalkan rumah tersebut dan cari yang lain. Hal ini sangat penting guna menghindari klaim kepemilikan dan masalah di masa mendatang.

Baca juga:

3. Survei harga rumah

Point satu ini sudah sering dibahas dalam blog ini, silahkan cari pada artikel lainnya melalui kotak pencarian di bagian atas sidebar.

Melakukan survei rumah merupakan hal yang begitu vital ketika akan membeli rumah. Hal ini dilakukan guna mengetahui harga pasaran di lokasi rumah yang akan dibeli.

Jika sudah mengetahui harga pasaran rumah di sekitar lokasi, maka anda akan terhindar dari pembelian rumah yang harganya kemahalan atau over price.

Selain itu, perhatikan juga lingkungan sekitar, apakah aman, bagaimana dengan para tetangga, atau jauh dekatnya rumah dngan tempat Anda bekerja, serta akses jalan menuju rumah harus dipertimbangkan.

Apabila anda menggunakan jasa broker ketika hendak beli rumah bekas, pastikan broker yang dipilih memiliki sertifikat, jika perlu Anda boleh mengecek keabsahannya dengan menelepon kantor ia bekerja atau asosiasi broker Indonesia.

Demikian artikel tips membeli rumah bekas semoga bermanfaat untuk kita semua. Silahkan tinggalkan komentar jika anda ingin menanyakan terkait tips membeli rumah bekas diatas.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *