Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Tips Cari Rumah Kontrakan

Tips Cari Rumah Kontrakan – Dear reader usahaproperti.com apa kabar kalian semua? Pagi ini admin ingin membuat artikel yang mengulas beberapa tips cari rumah kontrakan.

Mencari rumah kontrakan terkadang gampang-gampang susah. Setiap orang tentu saja ingin tinggal di rumah ideal seperti yang mereka inginkan, namun tak semua properti yang di kontrakkan oleh pemilik rumah berkriteria bagus atau ideal seperti yang sedang anda cari.

Mengontrak rumah sering dilakukan bagi pasangan muda yang baru saja merid, ataupun bagi mereka yang belum memiliki rumah sendiri. Hidup di rumah kontrakan pastinya lebih leluasa jika di banding dengan bertemapat tinggal di rumah kos-kosan.

Tips Cari Rumah Kontrakan

Gambar: Ilustrasi rumah kontrakan

Baik, tanpa berlama waktu kita kembali ke topik artikel. Berikut beberapa tips mencari rumah kontrakan ala usahaproperti.com

1.Sesuaikan lokasi

Tips pertama, sebelum mencari rumah kontrakan pastikan anda telah memutuskan sebuah lokasi yang akan anda jadikan tempat tinggal. Lokasi yang bagus adalah tempat dimana anda tinggal dekat dengan pekerjaan anda, berdekatan dengan fasilitas publik seperti jalan-raya, supermarket, pom-bensin dan sebagainya.

Selain itu pertimbangkan juga dengan anak-istri anda. Usahakan tidak terlalu jauh dengan temapat sekolah anak, dan juga tempat pekerjaan pasangan anda.

2. Lakukan survei rumah terlebih dahulu

Berikutnya jika anda sudah menentukan lokasi, sekarang saatnya untuk mencari rumah kontrakan. Untuk mengetahui rumah di kontrakkan, anda bisa survei langsung ke lokasi dan perhatikan rumah-rumah yang berstatus di kontrakkan.

Anda juga bisa menanyakan langsung warga sekitar untuk mendapatkan informasi rumah kontrakan di lokasi yang anda cari.

Jika rumah kontrakan sudah di temukan, sebaiknya langsung lakukan survei dengan pemilik rumah. Perhatikan kondisi rumah apakah di lengkapi fasilitas seprti yang anda inginkan, dan apakah rumah tidak mengalami kerusakan seperti genteng bocor, kamar mandi yang bermasalah dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan rumah kontrakan terbaik sebaiknya lakukan survei bukan hanya ke satu rumah, carilah beberapa rumah, catat kekurangan dan kelebihan masing-masing.

3. Pilih rumah yang sesuai kondisi keuangan anda

Memilih rumah kontrakan sebaiknya di sesuaikan dengan budget atau kemampuan finansial. Rumah kontrakan sendiri ada yang mempunyai sistim bayar perbulan dan ada juga yang pertahun.

Pilihlah harga rumah kontrakan yang paling pas dengan kondisi keuangan anda, dan untuk sistim pembayaran anda bisa negoisasikan dengan pemilik rumah.

4.Perhatikan keamanan lingkungan

Berikutnya, sebelum menempati rumah kontrakan sebaiknya perhatikan juga keamanan lingkungan sekitar. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu ribut, dan mempunyai sistim kemanan yang baik.

5.Ikuti aturan

Setiap daerah tentu mempunyai aturan atau kebiasaan berbeda. Biasanya untuk menempati rumah kontrakan baru, kita di haruskan untuk melapor terlebih dahulu ke RT setempat, serta di akhir bulan di wajibkan untuk membayar iuran kemanan serta kebersihan, ikutilah aturan yang berlaku serta biasakan bersosialisai dengan warga sekitar.

Oke, sekian dulu coretan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar sehubungan dengan artikel di atas.

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *