Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Tips Bisnis Properti Kos Kosan

Tips Bisnis Properti Kos Kosan – Memilih properti kos-kosan sebagai tempat investasi memang seringkali menjadi pilihan yang tepat. Hal itu tak lain di sebabkan karena properti kos-kosan sendiri mempunyai peluang penghasilan yang cukup menggiurkan dan di samping itu pengelolaan atau managementnya juga cukup mudah dan sederhana untuk di jalankan.

Tentu saja properti kos-kosan sangat cocok di jadikan sebagai asset untuk menciptakan pasive income bagi pemiliknya. Namun pada prakteknya tidak semua bisnis kos-kosan mampu memberikan keuntungan, sebaliknya banyak properti kos-kosan yang awalnya di harapakan mampu memberikan keuntungan, namun setelah di jalankan malah menjadi merugi.

Nah, untuk itu bagi anda yang baru memulai atau bermaksud terjun di bisnis kos-kosan maka ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal seperti di jelaskan di bawah ini.

1. Analisa potensi penghasilan

Sebelum memutuskan membeli properti kos-kosan, hal yang paling penting untuk anda lakukan adalah menganalisa potensi penghasilan dari properti kos-kosan itu sendiri. Untuk lebih tepatnya maka anda bisa melakukan survei langsung ke properti kos-kosan yang akan anda beli dan menanyakan langsung beberapa hal kepada pemilik properti dan penghuni kos-kosan itu sendiri.

Untuk menganalisa potensi penghasilan sebuah properti kos-kosan caranya cukup mudah, yaitu dengan menghitung seluruh total pengeluaran dan total pemasukan. Sebagai contoh hitung variable cost (biaya tetap) yang di keluarkan setiap bulannya, seperti uang lampu, uang air, biaya keamanan, kebersihan, biaya perawatan dan lainnya jika ada.

Berikutnya hitung juga total penghasilan yang didapat seperti menghitung berapa jumlah kamar dari kos-kosan itu sendiri dan kalikan dengan tarif kos-kosan yang berlaku. Setelah di dapat kemudian selisihkan total pemasukan dengan total pengeluaran termasuk juga biaya angsuran kredit anda setiap bulannya, jika memang anda membelinya dengan cara KPR.

Nah, jika untung yang di dapat cukup positif maka anda bisa mempertimbangkan properti tersebut untuk dibeli, dan jika mengalami kerugian yang cukup besar sebaiknya abaikan properti tersebut dan cari yang lain.

2. Pilih lokasi yang strategis

Memilih lokasi rumah kos-kosan sangat penting untuk di pertimbangkan. Karena untung atau meruginya sebuah usaha kos-kosan akan sangat di pengaruhi lokasi dari kos-kosan itu sendiri. Lokasi yang cukup startegis untuk usaha kos-kosan adalah seperti di lokasi yang dekat dengan sekolah-sekolah, dekat dengan kampus ataupun dekat dengan perkantoran atau tempat kerja.

Jika anda memiliki rumah kos-kosan di lokasi seperti di sebutkan di atas, maka akan cukup mudah bagi anda untuk mencari penyewa sehingga potensi kosongnya penyewa akan sangat kecil. Dan sebaliknya jika lokasi rumah kos-kosan anda sangat jauh dari tempat-tempat di atas dan juga sulit untuk di akses, maka biasanya pemilik akan kesulitan untuk mencari penyewa dan akhirnya akan merugi.

3. Maksimalkan potensi properti untuk menambah penghasilkan

Jika properti anda masih bisa di maksimalkan dan dana anda mencukupi, maka ada baiknya anda memakasimalkan properti anda seperti menambah kamar kos-kosan, membuat fasilitas tambahan seperti membuat kamar mandi untuk setiap kamar dan sebagainya sehingga tarif kos-kosan anda akan bernilai lebih tinggi dan penghasilan anda juga akan semakin besar setiap bulannya.

4. Membuat nilai tambah

Membuat nilai tambah di rumah kos-kosan penting di lakukan untuk meningkatkan penghasilan anda dan membuat orang ingin selalu menempati rumah kos-kosan anda. Seperti dengan membuat fasilitas internet bagi semua penghuni kos dengan gratis tapi dengan catatan menaikkan tarif kos-kosan dan sebagainya.

5. Memperhatikan keamanan serta kebersihan kos-kosan

Faktor keamanan serta kebersihan penting untuk diperhatikan pada usaha kos-kosan, jika anda memiliki usaha kos-kosan yang lumayan besar dan anda tidak memiliki waktu untuk mengurusnya, maka sebaiknya anda bisa delegasikan kepada orang lain untuk merawatnya agar tetap dalam kedaan bersih dan nyaman, namun untuk lebih baiknya periksalah secara rutin kos-kosan anda agar anda lebih mengetahui keadaan dan kondisi kos-kosan anda yang sebenarnya.

Tips Bisnis Properti Kos Kosan

Untuk hal ini pilihlah orang yang anda percayai mampu merawat dan mengelola properti kos-kosan anda, sebaliknya jangan pernah mendelegasikan pada orang yang kurang anda percayai.

6. Management yang baik

Management yang baik menjadi kunci penting dalam  setiap usaha, dan hal ini juga berlaku di properti kos-kosan. Nah jika anda menjalankan usaha kos-kosan maka buatlah aturan dan management yang baik seperti pengelolaan pemasukan, sistim aturan bagi anak kosa anda, management pelayanan serta strategi mencari penyewa dan lain sebagainya.

Sekian dulu postingan kali ini untuk Tips Bisnis Properti Kos Kosan jika anda masih memiliki tips-tips bagus lainnya dalam berbisnis properti silahkan tambahkan di kolom komentar.

Baca juga artikel ini Apa Itu Roya

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *