Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Perencanaan Cerdas Sebelum Mengajukan KPR

Perencanaan Cerdas Sebelum Mengajukan KPR ~ Impian untuk segera memiliki rumah idaman adalah dambaan setiap keluarga. Dan khususnya bagi masyarakat kelas menegah hal tersebut bukanlah sulit, sebab ada banyak fasilitas lembaga keuangan tersedia yang dapat membantu mewujudkan keinganan tersebut. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan program kredit pemilikan rumah (KPR) melalui perbankan.

KPR yang tenor pelunasannya selama 15 tahun hingga 20 tahun merupakan tipe kredit jangka panjang. Sebab itu di perlukan komitmen jangka panjang dan juga persiapan yang matang.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan permohonan KPR, ada banyak hal yang harus di perhatikan sehingga keputusan untuk memanfaatkan fasilitas KPR merupakan keputusan tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial anda.

Perencanaan Cerdas Sebelum Mengajukan KPR

Anwar Zaenudin selaku Head of Retail Banking Service Commonwealth Bank, mengatakan langkah pertama yang harus di lakukan adalah survei harga pasaran rumah dan membandingkannya dengan kemampuan fincancial jangka panjang sebelum benar-benar menentukan pilihan.

Menurut Anwar, sebaiknya kemampuan financial di jadikan faktor pertimbangan utama untuk menentukan pilihan rumah yang akan di beli.

Rumah dengan tipe besar atau kecil, lokasi pusat atau pinggir kota, bekas ataupun baru, tetap ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan. Dan apapun tipe pilihan rumah yang akan anda pilih harus di sesuaikan dengan kemampuan financial anda yang sesungguhnya.

Jika sudah memperoleh gambaran tentang harga pasaran rumah yang sesuai, sekarang anda dapat mulai melakukan survei produk KPR yang di tawarkan oleh bank. Dengan demikian anda akan mengetahui jumlah dana yang perlu di persiapkan untuk mengakses fasilitas KPR yang mengharuskan adanya down payment sebesar 20 persen hingga 30% dan cicilan serta bunga yang harus di bayar selama masa kredit.

Baca juga:

Hasil Survei Terbaru, 75 Persen Konsumen Beli Rumah Memanfaatkan KPR

Inilah 9 Keuntungan Beli Rumah KPR

Memilih Tenor Terlama Agar Peluang KPR Disetujui Semakin Besar

Lebih lanjut Anwar menjelaskan, ketika memilih produk KPR sebaiknya anda cermati beberapa hal, antara lain adalah reputasi penyedia KPR, besar suku bunga, manfaat-manfaat layanan dan bantuan yang ditawarkan ketika KPR berjalan, seperti ada atau tidaknya penalti jika pelunasan di lakukan lebih awal, biaya administarasi dan lainnya.

Dan yang tidak kalah penting sebelum mengajukan KPR adalah kesiapan dana dan komitemen anda mengingat masa tenor umumnya berlangsung belasan hingga puluhan tahun.

Seperti kita ketahui, untuk membeli rumah dengan KPR, dana yang di butuhkan juga tidak sedikit. Sebab itu di perlu di renacanakan jauh hari, bisa dengan cara menabung atau melalui investasi, ujar Anwar.

Investasi bertujuan untuk melipat gandakan dana sehingga target finansial atau persiapan dana untuk uang muka bisa tercapai. Pilihan investasi jangka pendek dan beresiko minimal dapat menjadi solusi untuk mengumpulkan dana dalam mengajukan KPR.

Misalnya anda berpenghasilan Rp 5 juta hingga Rp 7 juta perbulan, bisa berinvestasi di reksa dana atau jenis pasar uang lainnya, bila jangka waktu kebutuhan penggunaan dananya dalam jangka pendek, misalanya dalam satu tahun ke depan.

Sedangkan jika anda ingin kemapanan arus kas atau cashflow, tidak ada salahnya untuk memilih investasi jangka sedang dan panjang seperti reksa dana pendapatan tetap atau campuran.

Selain beberapa hal diatas, yang perlu diperhatikan dalam memilih KPR adalah suku bungam jenis bunga floating, biaya provisi dan administarasi, serta biaya penalti apabila pelunasan lebih awal.

Jadi sudah siapkan anda untuk mengajukan KPR guna mewujkan impian anda memiliki rumah?. Demikianlah beberapa tips cerdas sebelum mengajukan KPR, semoga bermanfaat.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *