Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Penyebab KPR Pekerja Luar Negeri Di Tolak

Penyebab KPR Pekerja Luar Negeri Di Tolak ~ Gaji yang besar dan melebihi penghasilan pekerja rata-rata di Indonesia bukan menjadi jaminan untuk di terima saat mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Hal inilah yang di alami para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang bekerja di luar negeri pada saat mengajukan permohonan KPR. Pekerja yang bekerja di perusahaan asing baik itu pelaut ataupun perusahaan asing lainnya seringkali mengalami kesulitan saat hendak membeli rumah dengan sistim KPR.

Penyebab KPR Pekerja Luar Negeri Di Tolak

Susahnya mendapatkan KPR juga pernah saya alami sendiri, karena kebetulan juga hingga saat ini saya masih bekerja dan berdomisili di luar. Dan saya pikir masalah ini hampir di alami oleh semua TKI yang pernah mengajukan permohonan KPR di Indonesia.

Suatu kali seorang teman yang berstatus sebagai pelaut yang bekerja di luar, pernah mencoba untuk membeli rumah dengan pendanaan KPR. Namun walaupun mempunyai gaji yang jumlahnya banyak dan jauh melebihi penghasilan pekerja rata-rata, masih saja permohonan KPR tersebut di tolak oleh bank.

Sebagai informasi singkat rumah yang akan di beli teman saya tersebut adalah seharga 200 juta, sedangkan penghasilan perbulan yang dia terima bisa mencapai Rp 30 juta,- atau lebih. Jika di analisa sekilas dengan melihat kondisi financial di atas, teman tersebut tentu saja sangat layak untuk di danai oleh bank.

Dan inilah beberapa penyebab mengapa permohonan pengajuan KPR pekerja luar negeri selalu di tolak oleh bank.

1.Tidak berdomisili di Indonesia

Pada syarat permohonan pengajuan KPR di bank-bank pemerintah seperti Bank Mandiri, Bank BTN, BNI, BRI dan lainnya sebenarnya sudah di jelaskan bahwa pemohon harus WNI (Warga Negara Indonesia) dan berdomisili di Indonesia.

Jadi inilah penyebab utama mengapa pekerja luar negeri selalu di tolak pada saat mengajukan permohonan KPR. Tidak peduli seberapa besar penghasilan dan seberapa bagus kondisi financial yang anda tunjukkan.

2.Tempat perusahaan anda bekerja tidak mempunyai kantor cabang di Indonesia

Point kedua mengapa pekerja luar negeri tidak di loloskan pada saat pengajuan KPR adalah karena adanya aturan BI yang mengharuskan adanya kantor perwakilan tempat kerja anda di Indonesia yang satusnya masih satu management.

pekerja-luar-negeri

Dengan demikian sekalipun gaji anda besar, tetap saja anda tidak bisa di setujui dengan alasan tempat peruahaan anda berkerja sulit untuk di identifikasi.

3.Sulit untuk diverifikasi

Kesulitan dalam hal verifikasi untuk pekerja luar negeri, seperti sulitnya melacak tempat mereka bekerja dan mengidentifikasi kebenaran informasi penting lainnya membuat bank tidak bisa meloloskan permohonan KPR.

Tentu kondisi di atas dapat kita pahami bersama, bank tidak mau terlalu mengambil resiko apalagi jika di kemudian hari nasabah mengalami kredit macet dan terjadi penyitaan.

Demikian dulu artikel Penyebab KPR Pekerja Luar Negeri Di Tolak semoga bermanfaat untuk anda semua, jangan lupa tinggalkan komentar anda mengenai pengalaman di tolaknya permohonan KPR yang pernah anda ajukan.

Bantu Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *