Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Pengertian Capital Gain Dalam Properti

Kata capital gain seringkali kita dengar bukan saja ketika hanya berbicara tentang properti, di berbagai bisnis dan usaha lainnya pun kalimat ini seringkali kita temui khususnya pada produk investasi.

Namun sudah tahukah anda apa itu capital gain? Oke, langsung saja capital gain adalah keuntungan atau laba yang didapat dari hasil investasi seperti saham, obligasi, surat berharga, atau dalam properti dimana nilainya melebihi harga pembelian.

Dengan kata lain capital gain merupakan selisih antrara harga jual yang lebih tinggi dibandingkan harga beli yang lebih rendah sehingga memberikan keuntungan bagi seorang investor.

Sebaliknya jika yang terjadi adalah kerugian dimana harga jual lebih rendah dari harga beli maka kondisi tersebut dikatakan sebagai capital loss atau kerugian modal.

Dalam bidang properti, capital gain terjadi ketika seseorang atau katakanlah investor membeli suatu properti dan kemudian menahannya terlebih dahulu atau tidak menjualnya, melainkan untuk mendatangkan cashflow perbulan maka properti tersebut disewakan atau di kontrakan.

Sebagai contoh jika pada tahun  2013 anda membeli sebuah rumah dengan harga 500 juta dan kemudian sekarang pada tahun 2014 ternyata haraga rumah tersebut sudah laku dijual dengan haraga 600 juta, maka capital gain dari rumah tersebut saat ini adalah 100 juta dengan kata lain ada peningkatan harga sebesar 20% hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Investor properti biasanya akan melihat dan membeli properti pada suatu lokasi dengan pertumbuhan atau kenaikan harga yang tinggi dari tahun ke tahun sehingga capital gain yang diperoleh akan selalu tinggi juga. Namun demikian investor di properti bisasanya tidak akan menjual properti tersebut walalupun harganya sudah tinggi atau jauh lebih besar dari modal awal yang dikeluarkannya ketika membeli properti tersebut.

Seorang investor dalam properti biasanya akan menahan sebuah properti yang dibelinya atau tidak akan dijual walaupun capital gain yang terjadi sudah begitu tinggi. Investor biasanya akan lebih berfokus untuk mendapatkan cash flow perbulannya dari properti tersebut sehingga menghasilkan pasif income yang terus bertumbuh.

Demikian dulu Pengertian Capital Gain Dalam Properti terimkasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini Berada Di Level Manakah Anda Ketika Masuk Di Properti

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *