Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Orang Asing Boleh Punya Apartemen di Indonesia, Berikut Alasan Pemerintah

Baru-baru ini pemerintah pimpinan Jokowi berencana membuat aturan yang  mengizinkan orang asing (WNA) untuk memiliki apartemen di Indonesia.

Seperti di ungkapkan Menko Perekonomian Sofyan Djalil, pemerintah akan memberikan kesempatan pada warga Negara asing untuk memiliki properti seperti apartemen.

Menurut Sofyan, sangat banyak ekspatriat di Indonesia yang berminat beli properti jika mereka diberikan hak untuk memiliki.

Menurut beliau, paling penting pemerintah harus menentukan ukurannya berapa, dan bukan untuk land house (rumah tapak).

Orang asing yang memiliki apartemen tidak menjadi masalah  karena tidak akan di bawa keluar, ungkap Sofyan di kantornya, Jakarta, Kamis (23/07/2015).

Untuk kepemilikian tanah bagi orang asing masih tidak di perbolehkan mengingat selama ini adanya penyelundupan hukum yang terjadi.

Seperti kejadian di Bali, WNA membeli properti land house dengan cara menikahi terlebih dahulu warga Indonesia, jadi daripada adanya penyelundupan seperti di sebutkan di atas ada baiknya untuk mencoba memberikan peluang bagi warga asing untuk memiliki properti seperti apartemen (bukan rumah tapak).

Beli-Apartemen-di-Indonesia

Sofyan mengatakan, pemberian hak kepemilikan apartemen bagi warga Negara asing hanya untuk apartemen mewah saja.

Meski akan adanya aturan yang memperbolehkan warga asing untuk memiliki properti di Indonesia, namun pemerintah juga menjamin warga Negara Indonesia untuk mendapatkan properti khususnya bagi masyarakat bersatus MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).

Pemerintah berharap segera bisa rakor dan mengumukan syarat-syarat pajak, ukuran dan lain-lain. Jika warga Negara asing bisa memiliki properti di Indonesia maka properti akan berkembang dan di harapakan dapat menciptakan daya beli serta peluang membuka lapangan kerja.

Baca: Tips membeli apartemen untuk investasi

Akan adanya aturan pemerintah yang memberikan kesempatan bagi warga asing untuk memiliki apartemen di Indonesia tentu kita harapkan semakin menambah gairah pertumbuhan properti yang semakin baik.

Mengingat kondisi ekonomi pada tahun ini kurang stabil dan cenderung melambat di banding tahun-tahun sebelumnya, berimbas juga pada penjualan properti yang mulai menurun tajam.

Demikian artikel singkat mengenai rencana pemerintah untuk memberikan kesempatan bagi warga asing untuk memiliki properti di Indonesia, semoga dengan adanya aturan baru tersebut akan membuat pertumbuhan properti semakin bergairah.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *