Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Memulai Bisnis Properti Modal Kecil

Memulai Bisnis Properti Modal Kecil~Pasar properti selalu mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun, seperti yang biasanya terjadi di beberapa tempat seringkali pertumbuhan properti mengalami kenaikan hingga 30% atau 40% hanya dalam kurun waktu satu tahun saja.

Seiring dengan pertumbuhan properti yang hampir selalu naik dari tahun ke tahun, tidak sedikit orang yang berkeinginan untuk terjun di bisnis properti demi meraup keuntungan. Banyak orang beranggapan berbisnis properti harus memiliki modal yang besar mengingat harga tanah, rumah atau properti lainnya selalu mengalami kenaikan harga yang tinggi.

Namun tahukah anda untuk memulai bisnis properti tak selamanya harus dengan modal besar? Berikut ini akan kita ulas beberapa cara memulai bisnis properti dengan modal kecil.

1.Mulai dengan belajar marketing

Jika anda masih pemula dalam properti, sebaiknya anda telebih dahulu belajar marketing. Bisa dengan cara bergabung menjadi agen ke sebuah perusahaan yang bergelut dalam bidang properti, ataupun membuka usaha agen properti sendiri.

Hal tersebut bertujuan untuk melatih diri anda untuk lebih mengenal bisnis properti, mengetahui harga pasar properti, mengerti negoisasi, paham dengan transaksi jual beli properti, mengenal istilah perbankan ketika mengurus properti, mengetahui masalah legalitas dokumen dan sebagainya.

Menjadi agen properti, bukan tidak mungkin anda bisa meraup keuntungan dari hasil komisi yang anda dapat. Untuk menjadi seorang agen memang tidak membutuhkan modal besar, atau sekalipun anda tidak punya modal awal, anda masih tetap bisa menjadi seorang agen. Namun jika anda ingin sukses menjadi agen properti tentu di butuhkan kerja keras, tidak mudah menyerah dan tetap mau belajar.

Jangan lewatkan juga Cara Menjadi Agen Properti Yang Sukses

2.Menjadi depelover kecil-kecilan

Berikutnya memulai bisnis properti dengan modal kecil, anda bisa menjadi seorang depelover kecil-kecilan. Tak perlu modal besar, yang di butuhkan hanyalah kemauan yang kuat dan tidak mudah menyerah.

Untuk memulainya, anda bisa cari penjual tanah yang bisa anda ajak kerja sama, ceritakan ide anda untuk membangun rumah di atas tanah penjual. Jika penjual setuju buatlah perjanjian pengikatan jual beli.

Untuk masalah modal, anda bisa cari investor atau kerja sama dengan pihak bank, kemudian mencari kontraktor untuk membangun rumah di atas tanah tersebut. Jika sudah selesai, sekarang anda bisa pasarkan properti tersebut dan andapun akan mendapat untung dari hasil penjualan yang lebih tinggi dari harga tanah di awal.

3.Mencari Investor

Tips yang satu ini bisa anda coba terapkan untuk memulai usaha properti dengan modal kecil. Sama seperti yang disebutkan diatas, anda perlu mencari tanah atau properti yang di jual murah atau di bawah harga pasar.

Selajutnya lakukan negoisasi dengan pemilik tanah atau properti tersebut untuk bisa menurunkan syarat pembayaran selama 2 bulan ataupun 3 bulan.

Agar penjual setuju, anda bisa terapkan jurus “naikkan harga dan turunkan syarat”. Sebagi contoh, jika penjual ingin menjual tanahnya 1 M, maka anda boleh naikkan menjadi 1,1 M dengan catatan akan dibayar dalam waktu 3 bulan dan anda sudah yakin bahwa harga tanah tersebut di bawah harga pasar.

Jika penjual setuju buatlah surat perjanjian pengikataan jual beli agar tidak terjadi kesalah pahaman. Berikutnya anda bisa coba jual kembali pada orang lain dengan harga yang lebih tinggi atau dengan mencari investor agar mau menyalurkan dana untuk membangun rumah di atas tanah pemilik.

Anda bisa bekerja sama dengan depelover untuk menyelesaikan pembangunan, jika sudah pasarkan properti tersebut. Dari hasil penjualan bayarlah harga tanah yang telah anda sepakati dengan penjual sebelumnya, sisanya anda bisa bagi hasil keuntungan dengan depelover atau pihak yang anda libatkan.

Bagaimana anda tertarik untuk masuk ke bisnis properti dengan modal kecil? Berikan tanggapan anda melalui kolom komentar jika anda masih memiliki ide lainnya seputar memulai bisnis properti dengan modal kecil.

Baca juga artikel ini ya, Perhatikan Lokasi Saat Anda Membeli Rumah Tempat Tinggal

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *