Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Memilih Tenor Terlama Agar Peluang KPR Disetujui Semakin Besar

Bagi yang sedang mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) kali ini penulis ingin berbagi tips sederhana untuk memperbesar peluang pengajuan kredit anda di setujui oleh bank.

Ketika sudah memilih dan melakukan deal dengan penjual, tentu selanjutnya kita akan di hadapkan dengan pendanaan untuk pembayaran rumah tersebut.

Saat beli rumah, pada umumnya ada beberapa cara yang bisa anda pilih. Bisa dengan membayar dengan cara cash, bertahap (cash keras), perjanjian pembayaran kontrak dengan waktu yang ditentukan, sampai dengan memilih bank sebagai pihak yang akan mendanai pembelian properti anda.

Cara KPR Disetujui

Gambar: Ilustrasi Rumah KPR

Opsi pelunasan yang anda pilih akan sangat tergantung dengan ke sepakatan yang anda buat dengan penjual.

Cara pembayaran yang sering di tempuh banyak orang ketika beli properti adalah dengan sistim KPR. Pada umumnya bank akan membiayai KPR sebesar 70% hingga 80%.

Artikel Terkait: Syarat Pengajuan KPR Rumah

Dengan demikian anda di wajibkan menyediakan uang sebesar 20 hingga 30% dari total pembiayaan. Saat pengajuan KPR anda akan di suguhi pilihan untuk menentukan tenor kredit apakah selama 5 tahun, 10, 15 atau mungkin 20 tahun.

Tenor dalam bahasa inggris disebut tenure of loan merupakan lama waktu yang di berikan oleh bank sebagai pihak kreditur kepada nasabah (debitur) untuk melunasi pinjaman.

Jika kamu memilih tenor dengan jangka pendek misalnya 3 atau 5 tahun, tentu cicilan yang harus di bayar setiap bulan akan tinggi.

Sebaliknya semakin anda memilih tenor terlama, maka cicilan yang harus anda bayar akan semakin kecil. Memilih masa pembayaran tentu saja harus di sesuaikan dengan kondisi keuangan.

Perlu di ingat sebelum permohonan KPR di setujui, bank akan melakukan analisa dan mempertimbangkan kemampuan financial nasabah.

Bank akan menyetujui kredit jika nasabah memang layak dan mampu membayar. Pertimbangan bank dalam memberikan besaran kredit pada umumnya adalah sebesar 30% dari total penghasilan nasabah.

Misalnya jika total penghasilan anda (suami/istri) sebesar 15 juta/bulan, maka besar cicilan maksimal anda adalah 5 juta.

Jadi saat anda mengajukan KPR dengan besar cicilan Rp 7 juta, tentu saja akan di tolak oleh bank. Itulah sebab pentingnya memilih tenor terlama agar besar cicilan yang akan di bayar setiap bulan semakin kecil dan sebanding dengan kemampuan kita.

Intinya, perlu di ingat kemampuan bayar kita adalah sebesar 30% dari total penghasilan. Hal itu di lakukan bank tentu saja untuk menghindari konsumen dari kredit macet atau gagal bayar.

Oke, demikian dulu artikel hari ini untuk Memilih Tenor Terlama Agar Peluang KPR Disetujui Semakin Besar semoga bisa membantu anda.

Jika coretan ini berguna, jangan lupa untuk membagikan ke teman anda di sosmed, silahkan klik tombol share diatas untuk mambagikan artikel singkat ini.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *