Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Keuntungan Mencicil Rumah Sejak Dini

Keuntungan Mencicil Rumah Sejak Dini ~ Barangkali saat ini anda sedang menabung untuk membeli rumah idaman. Jika benar demikian, kira-kira berapa lama anda menabung hingga rumah idaman bisa terbeli?

Keuntungan Mencicil Rumah Sejak Dini

Apabila anda saat ini tengah menabung dengan tujuan membeli rumah, lantas mengapa tidak menoba untuk meminjam cicilan saja dari bank? Kan ada fasilitas KPR? Pertanyaan ini tentu tidak bermaksud untuk membuat goyah cita-cita anda untuk menabung dan beli rumah.

Bagaimanapun, upaya anda untuk menyisihkan penghasilan setiap bulan untuk membeli rumah harus di apresiasi, pasalnya tidak semua oarng berani untuk bersabar menahan godaan setiap bulan, sembari berharap rumah impian menjadi kenyataan.

Seperti yang pernah dikatakan salah satu guru properti, Robert G Allen, bahwa waktu terbaik beli properti adalah “sekarang”. Ia, kalimat itu memang benar adanya. Ini tak lain mengingat harga rumah setiap tahun semakin naik tinggi.

Misalnya saja anda punya impian untuk beli rumah di suatu lokasi seharga Rp 300 juta, dan merencanakan membelinya secara cash dengan cara menabung. Cara ini tentu saja tidak salah. Namun tahukah anda dalam tempo lima tahun harga rumah biasanya sudah naik dua kali lipat?

Ya, kondisi inilah yang kerap terjadi. Intinya tabungan anda sering tidak bisa mengejar laju pertumbuhan harga properti itu sendiri. Sebab itulah pentingnya membeli rumah sedini mungkin, walaupun uang cash anda belum cukup.

Karena pada dasarnya kita masih punya pilihan pembiayaan, seperti lembaga financial perbankan yang menyediakan fasilitas KPR untuk pembelian rumah.

Anda pun tak harus membutuhkan biaya besar jika memanfaatkan KPR. Cukup dengan menyediakan budget 20 persen hingga 30 persen dari harga rumah, maka sebuah rumah impian sudah bisa dibeli.

Yang perlu anda lakukan adalah mencicil rumah tersebut setiap bulan. Jika anda cukup jeli ketika beli rumah, barangkali anda akan bisa mendapatkan keuntungan.

Baik, langsung saja berikut beberapa tambahan keuntungan yang didapat jika mengajukan pinjaman sejak dini.

1. Harga masih murah

Murah biasanya akan mengacu pada waktu. Hingga saat ini, harga rumah selalu naik, setidaknya menyesuaikan inflasi.

Dengan demikian rumah yang harus dibayar jika mencicil sekarang bisa dipastikan akan jauh lebih murah dibandingkan saat anda membelinya beberapa tahun kedepan, setelah tabungan anda terkumpul.

2.Cicilan lebih rendah

Dengan harga rumah yang masih tergolong murah, maka angsuran bulanan pun masih rendah. Anda hany perlu menyiapkan uang muka atau DP untuk pembeliah ruamh.

3. Dilindung asuransi

Berbeda jika anda membeli secara tunai, membeli rumah dengan cara KPR pada umumnya akan disertai premi asuransi kebakaran dan asuransi jiwa.

Jadi, apabila selama cicilan terjadi musibah kebakaran, maka pihak asuransi akan menanggung biaya perbaikan rumah.

Selain itu, apabila selama periode cicilan sang pembeli rumah meninggal dunia, maka cicilan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Dengan begitu, almarhum tidak akan membebani keluarga yang di tinggalkan dengan hutang cicilan.

4. Jangka waktu leluasa

Semakin muda usia anda saat mengambil KPR, maka semakin besar pula kemungkinan mendapat tenor jangka panjang, sehingga cicilan akan lebih murah.

Bank pemberi KPR biasanya memberi jangka waktu cicilan maksimal hingga usia pensiun (usia 55 tahun).

Apabila anda saat ini berusia 25 tahun, maka anda bisa menikmati KPR jangka waktu 15 tahun hingga 20 tahun. Dan jiak anda baru mengajukan KPR di usia 50 tahun, maka jangka waktu KPR yang dapat diberikan akan maksimal hingga 5 tahun.

5. Masih masa produktif

Usia yang masih muda adalah masa-masa paling produktif, karena secara fisik kita masih kuat untuk mencari penghasilan lain di luar gaji.

Bagi anda pebisnis muda, tentu semangat kerjanya masih terbilang tinggi untuk kemajuan usahanya.

6. Mendapatkan perhitungan secara matang.

Bagi pihak bank, memberikan KPR pada nasabah adalah sebuah wujud pertanggungjawabannya pada negara. Ini berarti bank tidak akan memberikan pinjman secara asal-asalan tanpa adanya analisa.

Nasabah yang ingin mendapatkan pinjaman KPR akan dianalisa melalaui proses BI Checking.

Dengan begitu pihak bank akan mengetahui potensi pemasukan anda serta kemampuan anda secara rinci. Secara tidak langsung ini juga akan membantu nasabah untuk mengukur kemampuannya sendiri.

Itulah beberapa keuntungan mencicil rumah sejak dini. Semoga bermantaat!

Baca juga:

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *