Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Keuntungan Dan Kerugian Membeli Ruko

Keuntungan Dan Kerugian Membeli Ruko~ Ruko (rumah toko) termasuk kategori properti komersial yang saat ini banyak di minati untuk di jadikan investasi. Banyaknya investor yang membeli ruko bukan tanpa alasan, permintaan ruko khususnya si tempat-tempat bisnis atau perdangan sangat tinggi sehingga seringkali lebih menguntungkan untuk mendatangkan penghasilan.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini beberapa keuntungan dan kerugian membeli ruko yang harus kita ketahui.

Keuntungan membeli ruko

1. Permintaan pelaku bisnis akan properti ruko sangat tinggi

Jika anda membeli ruko di tempat strategis atau di pusat lokasi bisnis, hampir di pastikan ruko anda tidak akan pernah kosong oleh penyewa, hal ini di sebabkan banyaknya pelaku bisnis yang berlomba-lomba mencari ruko sebagai tempat untuk menjalankan roda bisnisnya.

Artikel terkait: Tips Membeli Ruko Agar Untung

Kondisi seperti ini dapat di lihat di pusat pasar yang lokasinya strategis, ruko-ruko yang berdiri di tempat strategis dan ramai oleh aktivitas bisnis, nyaris tak pernah kita lihat iklan ruko di sewakan, sehingga sering kali jika kita berencana menyewa ruko untuk membuka usaha di tempat strategis sangat sulit untuk mendapatkannya.

2. Jangka waktu sewa biasanya lebih lama

Berbeda dengan properti rumah, masa sewanya biasanya jangka pendek. Ruko biasanya di sewakan pada jangka waktu yang lebih lama  yaitu 2 atau 3 tahun.

Sebagai pelaku usaha, waktu dua tahun menjalankan bisnis biasanya belum begitu berkembang atau belum mendapatkan break event point, untuk itu biasanya penyewa ruko akan memperpanjang kembali masa sewanya.

3. Return of investement bisa lebih cepat

Tarif sewa bisa berkisar 6% – 9% dari harga ruko. Dengan demikian tingkat pengembalian investasi ruko bisa lebih cepat jika di bandingkan rumah.

Kerugian membeli ruko

1. Sensitif terhadap kondisi pasar

Pada umumnya ruko di gunakan untuk tujuan bisnis, sebab itu seringkali ruko akan sensitif terhadap iklim pasar. Di saat kondisi pasar membaik, pelaku bisnis akan berlomba-lomba untuk menyewa dengan harga yang cukup tinggi juga, sebaliknya saat iklim pasar tidak membaik, bisa jadi harga sewa akan ikut turun dan penyewa memilih pergi dan meninggalkan ruko tersebut.

2. Sangat tergantung dengan lokasi

Mengingat ruko merupakan properti komersial, maka faktor sensitif salah satunya adalah “lokasi”. Ruko yang berada di lokasi ramai atau pusat bisnis, tarif sewanya akan tinggi, sementara jika anda salah memilih lokasi pada saat membeli, seperti tidak terlihatnya aktivitas di lokasi ruko, sepinya orang yang lalu lalang, maka resikonya bisa jadi ruko tersebut akan sulit untuk mendpatkan penyewa dan jika ada harga sewa juga akan sangat murah.

Demikian dulu artikel untuk keuntungan dan kerugian membeli ruko semoga bermanfaat untuk anda. Silahkan tambahkan komentar jika anda ingin menanyakan seputar untung rugi membeli ruko.

Baca juga artikel ini ya, Cara Mudah Punya Rumah Sendiri

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *