Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Hasil Survei Terbaru, 75 Persen Konsumen Beli Rumah Memanfaatkan KPR

Hasil Survei Terbaru, 75 Persen Konsumen Beli Rumah Memanfaatkan KPR ~ Menaiknya suku bunga KPR dan adanya perubahan aturan Loan to Value (LTV) baru-baru ini, tidak membuat konsumen berkurang untuk tetap memanfaatkan fasilitas KPR ketika membeli rumah.

Di kutip dari kompas.com, survei harga properti resdinsial terbaru yang di rilis Bank Indonesia (BI) pada Rabu 11/11/2015, menunjukkan hingga kuartal III-2015 sebagian besar konsumen yakni 75.5 persen membeli rumah memanfaatkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Konsumen memilih opsi pemanfaatan KPR sebagai fasilitas utama transaksi pembelian properti hunian terutama untuk tipe kecil dan menengah.

Namun demikian masih ada saja konsumen yang tidak jeli terhadap angka dan krisis saat memanfaatkan KPR untuk membeli rumah kelas mewah seharga RP 3 miliar hingga Rp 12 miliar per unit.

Seperti di ungkapkan GM Marketing Vimala Hills and Resorts Zaldy Wihardja, dari 490 unit rumah tapak yang terjual, sekitar 5 persennya di beli menggunakan fasilitas KPR.

Hasil Survei Terbaru, 75 Persen Konsumen Beli Rumah Memanfaatkan KPR

ilustrasi rumah KPR

Tenor atau masa kreditnya memang tidak panjang yakni cuma 3-5 tahun. Selebihnya adalah tunai keras dan tunai bertahap yang dapat di cicil hingga 24 bulan, ujar Zaldy pada 12/11/2015.

Untuk bunga KPR, perbankan khususnya kelompok bank persero memberikan bunga antara 9 persen hingga 12 persen.

Dilihat dari besar penyaluran kredit perbankan, total KPR dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) tercatat senilai Rp 331,26 triliun atau meningkat sebesar 1.08 persen.

Walaupun ada pertumbuhan yang meningkat, tetap saja lebih rendah di bandingkan catatan triwulan sebelumnya 2.29 persen dan pertumbuhan total kredit perbankan sekitar 1.27 persen.

Sejak Januari hingga September 2015, total KPR yang di kucurkan oleh bank mencapai 15.92 persen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memanfaatkan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang di sediakan pemerintah.

Hingga triwulan III-2015 pencairan FLPP mencapai Rp 5.57 triliun, lebih tinggi dari Daftar Isian Pelaksanan Anggaran (DIPA) FLPP tahun 2015 yakni Rp 5.10 triliun.

Baca juga:

Ekonomi Sedang Lesu, KPR Kelas Menengah ke Bawah BTN Tumbuh 18%

Inilah 9 Keuntungan Beli Rumah KPR

Memilih Tenor Terlama Agar Peluang KPR Disetujui Semakin Besar

Perbedaan Suku Bunga Flat Dan Efektif

Demikian artikel singkat Hasil Survei Terbaru, 75 Persen Konsumen Beli Rumah Memanfaatkan KPR semoga bermanfaat dan nantikan terus update terbaru seputar bisnis properti di www.usahaproperti.com.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *