Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Desain Ruko Minimalis

Desain Ruko Minimalis ~ Di berbagai kota terutama kota-kota besar, rumah toko (ruko) sudah bukan hal yang aneh lagi. Ruko tampaknya menjadi alternatif tempat tinggal di kota besar yang luas tanahnya sempit dan harganya mahal. Seperti namanya, rumah toko atau ruko adalah sebuah bangunan yang memiliki dua fungsi, baik sebagai rumah maupun sebagai tempat usaha.

Umumnya, ruko terdiri dari dua lantai, dimana lantai bawah digunakan sebagai toko dan lantai atas digunakan sebagai tempat tinggal. Jika saat ini Anda berniat untuk membangun sebuah ruko, pilihlah lokasi strategis demi kemajuan usaha Anda. Selain itu, perhatikan juga tata letak, interior dan desain bangunan untuk membuatnya senyaman mungkin dan menarik bagi pelanggan.

Baca juga :

Sebelum membangun sebuah ruko, sebaiknya Anda memiliki perhitungan dan rencana yang matang. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda jadikan acuan dalam desain ruko minimalis :

1. Tentukan desain ruko

Ruko selain digunakan sebagai tempat usaha, juga berfungsi sebagai tempat tinggal. Sehingga diperlukan penentuan desain yang tepat agar membuatnya nyaman sebagai hunian sekaligus menarik bagi para pelanggan. Maksimalkan lahan minimalis yang Anda miliki untuk membangun ruko secermat mungkin. Jangan sampai keterbatasan lahan mempengaruhi kenyaman pelanggan.

Contohnya menyediakan tempat parkir untuk kendaraan pelanggan. Usahakan Anda tetap menyediakan tempat parkir yang aman dan nyaman. Karena kepuasan pelanggan bukan hanya terletak pada pelayanan di toko Anda, kenyamanan atas kendaran mereka pun termasuk di dalamnya.

2. Tema modern

desain ruko minimalisSebagaimana saat ini banyak rumah minimalis berpenampilan modern, tidak ada salahnya juga Anda terapkan untuk desain ruko minimalis. Berikan kesan menyegarkan sekaligus modern pada tampilan ruko Anda, seperti menyediakan fasilitas Wifi, AC, berlangganan koran lokal dan sebagainya. Intinya apa saja yang membuat pelanggan merasa fun dan betah berlama-lama di toko Anda.

Sesuaikan tema modern pada ruko dengan jenis usaha yang Anda jalankan. Tujuannya agar usaha pemasaran mencapai hasil maksimal. Pilihlah media yang sederhana tetapi elegan agar kesan ruko minimalis pun tetap terjaga.

3. Warna cat ruko

Selera Anda pada pemilihan warna cat ruko dapat mempengaruhi kenyamanan penghuni maupun pelanggan. Dengan desain ruko minimalis, sebaiknya Anda memilih warna-warna lembut dengan perpaduan yang tidak terlalu banyak. Atau jika Anda ingin kesan lebih luas dan lega, pilihlah warna-warna cerah dengan kombinasi yang pas. Ingat, Anda boleh bermain warna tetapi usahakan agar kesan luas dan lega tetap diutamakan.

Beberapa hal diatas adalah acuan dalam menentukan desain ruko minimalis dua lantai, dimana lantai bawah untuk usaha dan lantai atas untuk tempat tinggal. Cukup lapang memang. Tetapi, bagaimana jika anggaran Anda hanya cukup membangun ruko satu lantai?

Mengatur denah ruko satu lantai bukan hal yang mudah, tetapi tetap bisa dilakukan dengan sedikit strategi, seperti berikut ini :

1. Penambahan ruang di depan rumah

Desain ini dilakukan dengan menambahkan ruangan di depan rumah yaitu memanfaatkan sisa lahan yang ada. Jika lahan yang tersedia cukup luas, Anda dapat membangun sebuah toko kecil disana, sehingga aktivitas dalam rumah tidak terganggu dengan aktivitas bisnis Anda.

2. Memanfaatkan garasi untuk usaha

desain ruko minimalisJika Anda belum mempunyai kendaraan roda empat yang membutuhkan garasi permanen, manfaatkan saja area pada garasi untuk tempat usaha Anda. Namun jika Anda telah memiliki kendaraan pribadi, solusinya adalah membangun dua garasi. Yang pertama untuk kendaraan, sedangkan yang lain untuk tempat usaha.

Dengan kata lain, diperlukan strategi yang tepat agar keterbatasan ruang dan lahan yang ada tidak mempengaruhi keinginan Anda dalam membangun serta mewujudkan sebuah ruko minimalis.

Demikian artikel tentang desain ruko minimalis, semoga bermanfaat untuk Anda. Salam sukses.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *