Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Cara Mudah Punya Rumah Sendiri

Cara Mudah Punya Rumah Sendiri ~ Memiliki rumah sendiri merupakan impian dari semua orang, mungkin tidak ada satupun di antara kita yang ingin bertempat tinggal dengan cara menyewa rumah, kos-kosan, atau tinggal di rumah kontrakan dalam waktu yang lama.

Di samping mewajibkan kita harus membayar sewa, tinggal di rumah kontrakan bukanlah hal yang baik untuk jangka panjang karena rumah yang kita tempati bukanlah miliki kita sendiri.

Sebab itu banyak orang yang punya impian untuk segera memiliki rumah sendiri, hitung-hitung daripada bayar sewa kontrak terus-menerus lebih baik kita berencana untuk segera memiliki rumah sendiri walaupun dengan cara kredit.

Berikut ini berapa cara untuk memiliki rumah sendiri yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi keuangan anda.

1. Beli dengan cara cash

Membeli rumah dengan cara cash bisa saja menjadi pilihan yang tepat, tidak membutuhkan proses yang rumit dan anda tidak pusing lagi memikirkan angsuran kredit setiap bulannya.

Namun membeli rumah dengan cara cash mengharuskan kita punya uang yang cukup, yaitu seharga rumah yang akan kita beli, dan ini tentu saja sulit apalagi kita hanya berpenghasilan pas-pasan.

Dengan cara menabung dalam waktu lama rasanya akan sulit untuk membeli rumah sendiri, alasannya adalah harga rumah selalu mengalami kenaikan yang cukup tinggi setiap tahunnya, jadi saat anda sudah menabung dalam waktu yang lama untuk harga rumah yang anda impikian, seringkali pada saat anda membelinya 5 tahun berikutnya akan mengalami kenaikan harga tinggi atau dua kali lipat.

Bagi anda yang berpenghasilan tinggi dan punya rezeki lebih, jika memungkinkan membeli rumah sendiri dengan cara cash bisa saja menjadi pilihan yang tepat.

2. Cash bertahap

Berikutnya untuk memiliki rumah sendiri, anda bisa membeli dengan cara cash bertahap ataupun cash keras. Caranya dengan mencari developer perumahan, developer biasanya mempunyai beberpa jenis pembayaran untuk pembelian rumah salah satunya dengan cash bertahap. Lama cicilan bisa bervariasi seperti 6x cicilan,12x cicilan,18x cicilan, 24x cicilan dan seterusnya.

Disini rumah yang anda beli akan di cicil hingga lunas sesuai dengan lama waktu cicilan yang anda pilih , untuk  itu sesuaikan besar cicilan dengan penghasilan anda setiap bulannya.

3. Memanfaatkan KPR

Nah, kalau cara yang satu ini sudah yang paling umum di gunakan orang untuk membeli rumah. KPR (Kredit Pemilikian Rumah) merupakan fasilitas pembiayaan pembelian rumah oleh bank sebesar 70% atau 80%.

Artikel Terkait:

Apa Itu KPR Rumah

Syarat Pengajuan KPR Rumah

Dengan demikian anda hanya membutuhkan dana sebesar 20% atau 30% saja untuk membeli sebuah rumah. Cara ini akan paling mudah bagi kita yang berpenghasilan pas-pasan, cukup dengan menabung atau menyisihakn penghasilan sampai dengan 20% atau 30% dari harga rumah yang akan kita beli, maka kita sudah bisa membeli sebuah rumah dengan catatan pengajuan kpr anda di setujui oleh bank.

Sekian dulu artikel Cara Mudah Punya Rumah Sendiri semoga bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar jika anda ingin bertanya seputar cara mudah punya rumah sendiri.

Baca juga artikel ini ya, Mempersiapkan Budget Untuk Perawatan Rumah Kos-Kosan

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *