Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Cara Mengetahui Sertifikat Rumah Asli

Cara Mengetahui Sertifikat Rumah Asli – Sertifikat hak milik  atau hak guna atas tanah dan bungunan adalah tanda bukti yang di keluarkan oleh pemerintah melalui BPN (Badan Pertanahan Nasional) sebagai bukti bahwa seseorang mempunyai hak kepemilikan yang sah secara hukum.

Sertifikat sendiri ada beberapa jenis seperti SHM (Sertifikat Hak Milik) dan HGB (Hak Guna Bangunan). SHM sendiri merupakan bukti kepemilikan yang terkuat dari sertifikat lainnya.

Cara Mengetahui Sertifikat Rumah

Dari beberapa kasus sertifikat kepemilikan hak atas tanah dan bangunan, sering muncul masalah seperti adanya kepemilikan ganda atau sertifikat tidak asli. Kejadian ini menuntut kita untuk tetap berhati-hati ketika membeli sebidang tahan ataupun rumah.

Untuk itu sebelum menandatangani akta jual beli atas pembelian tanah dan bangunan, ada baiknya pemeriksaan sertifikat sudah dilakukan, hal ini di perlukan guna menghindari permasalahan yang bisa saja muncul setelah pembelian di lakukan.

Untuk menghindari adanya klaim di kemudian hari karena sertifikat yang bermasalah, sebaiknya sebelum penandatanganan akta jual beli harus di lakukan pengecekan sertifikat ke kantor badan pertanahan (BPN).

Pengecekan sertifikat merupakan kegiatan yang di lakukan untuk mengetahui data fisik dan data yuridis yang sudah terregister dalam peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur ataupun buku tanah.

Artikel Terkait:

Tips Membeli Tanah Untuk Investasi

Beli Tanah Atau Rumah Mana Yang Paling Baik

Berikut persyaratan untuk melakukan pengecekan sertifikat

1. Asli sertifikat

2. Surat kuasa pengecekan dari PPAT/Notaris kepada pegawainya. Beberapa Kantor Pertanahan mengharuskan PPAT yang mengajukan permohonan pengecekan sertifikat.

3. Mengajukan permohonan pengecekan sertifikat yang bisa anda dapatkan di kantor pertanahan.

4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik sertifikat. Beberapa Kantor Pertanahan tidak mengharuskan melampirkan foto copy KTP.

Proses pengecekan sertifikat tersebut biasanya hanya memerlukan waktu sekitar 1 hari kerja saja atau bisa jadi anda hanya menunggu proses validasi yang sebentar saja di kantor pertanahan.

Begitulah beberapa syarat untuk pengecekan sertifikat. Demikian artikel Cara Mengetahui Sertifikat Rumah Asli semoga bermanfaat untuk anda semua.

Baca juga artikel, Tips Membangun Rumah Dengan Dana Terbatas

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *