Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Rp 4 Juta

Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Rp 4 Juta ~ Program pemerintah membantu masyarakat khususnya mereka mayrakat berpenghasilan rendah (MBR) semakin terlihat nyata. Baru-baru ini pemerintah melalui Kemnterian PU dan Perumahan Rakyat (PURR) menambah bantuan pembaiayaan rumah sebesar RP 277.51 miliar hingga pada akhir tahun 2015, yang terdiri dari Bantuan Uang Muka (BUM) perumahan Rp 220 miliar dan Subsidi Selisih Bunga senilai Rp 57,51 miliar.

Inisiatif untuk menambah dana ini diberikan karena dana untuk memberikan subsidi pembiayaan rumah yang selama ini lewat skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp 5,1 triliun sudah habis, dan baru akan di anggarkan kembali pada tahun 2016 mendatang.

Program pembiayaan khusus BUM sebesar Rp 220 miliar akan di salurkan ke masyarakat berupa bantuan uang muka atau down payment (DP) sebesar Rp 4 juta.

Seperti di katakan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus, Kamis (10/11/2015, “Pemerintah memberi bantuan uang muka sebesar Rp 4 juta. Jika besarnya DP lebih Rp 4 juta, maka sisa uang muka akan di tanggung masyarakat yang mengajukan permohonan. Sedangkan bila besar DP-nya kurang dari Rp 4 juta, maka seluruh uang muka akan dibayarkan pemerintah senilai yang di perlukan.”

Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Rp 4

Pengajuan untuk menerima program bantuan BUM telah di atur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 42/PRT/M/2015. Di dalam aturan tersebut di katakana bahwa BUM di berikan pada MBR (Masyarakat Berpenghasilan REndah) yang mendapat surat penegasan persetujuan penyediaan kredit (SP3K) KPR subsidi.

Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Rp 4 Juta

“Jadi, bagi masyarakat yang ingin mengajukan BUM harus sudah mendapat persetujuan memperoleh KPR FLPP dari pihak Bank pelaksana,” ujar Maurin.

Dengan begitu, calon pemohon harus terlebih dahulu mengurus persyaratan kredit FLPP. Untuk persyartan dan kelengkapan dokumen yang perlu di bawa, sama dengan syarat ketika mengurus KPR FLPP.

“Jika KPR FLPP sudah di setujui, otomatis dia akan mengantongi SP3K,” ujarnya.

Baca juga:

3 Hal Yang Wajib Ada di kamar Tamu

Penyebab Mengapa 40 Persen Penduduk Indonesia Tak Mampu Beli Rumah

Serba Minimalis Gaya Dekorasi Ala Jepang

Cara Membangun Rumah Tanpa Modal

Selanjutnya jika SP3K sudah di peroleh, pemohon cukup membuat surat pengakuan kekurangan bayar uang muka KPR bersubsidi yang di ketahui oleh pihak developer. Surat ini di samapaikan pihak Bank sebagai bukti bahwa pemohon yang bersangkutan memiliki keterbatasan dalam melunasi uang muka.

Surat tersebut berisikan surat pemohon lengkap nomor rekeningnya. Berikutnya bantuan uang mukanya akan di sampaikan ke rekening pemohon untuk di bayarkan ke pengembang sebagai tambahan uang muka (DP), ujar Maurin.

Demikian artikel singkat Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Rp 4 yang kami rangkum dari situs detik.com. Semoga bermanfaat untuk anda.

Bantu Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *