Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Cara Mencari Penyewa Rumah

Cara Mencari Penyewa Rumah – Salah satu hal penting dalam berbisnis properti khususnya rumah hunian adalah kemampuan dalam hal mencari renter atau penyewa. Kemampuan yang satu ini merupakan hal yang wajib di kuasai bagi mereka yang berbisnis di dalam investasi properti.

Mencari penyewa rumah dengan cepat sangatlah berguna agar pemilik rumah tidak merugi. Nah, boleh anda hitung sendirikan jika rumah anda kosong tanpa penyewa dalam waktu lama? tentu anda akan mengalami kerugian karena harus membayar kewajiban setiap bulannya seperti biaya listrik, air dan juga untuk biaya perawatan.

Untuk itulah mendapatkan penyewa rumah dengan cepat sangat dibutuhkan agar kita tidak mengalami pengeluaran yang mungkin cukup lumayan besar seperti di sebutkan di atas. Nah bagi anda pemilik rumah yang ingin menyewakan rumah anda pada orang lain, dibawah ini ada beberapa tips untuk mencari penyewa.

1. Lokasi sangat menentukan

Salah satu hal yang paling penting yang harus anda perhatikan sebelum memulai usaha atau berbisnis properti adalah menentukan lokasi dari properti anda. Khususnya properti hunian seperti rumah tentu akan sangat strategis jika terletak di lokasi yang berdekatan dengan tempat kerja atau industri dan perkantoran, selanjutnya baik juga jika dekat dengan sekolah-sekolah atau kampus, sehingga akan sangat mudah bagi anda untuk mendapatkan penyewa rumah anda.

Sebaliknya untuk rumah yang berada kurang strategis seperti jauh dari keramaian dan sulit untuk diakses maka ada baiknya anda mempertimbangkan dengan baik, sebab rumah yang berlokasi di tempat yang tidak strategis biasanya mempunyai harga yang jauh lebih murah namun sangat sulit ketika anda menjadikannya sebagai usaha untuk menghasilkan uang.

Rumah yang berlokasi di tempat yang jelek seperti di sebutkan diatas bukan saja hanya sulit untuk menjadikannya sebagai tempat usaha yang menguntungkan, selanjutnya rumah dalam lokasi yang jelek dan sulit diakses biasanya akan sulit juga untuk di jual ulang untuk mengambil keuntungan.

2. Buat rumah anda terlihat bersih dan nyaman

Rumah yang terlihat bersih dan nyaman akan di sukai oleh penyewa, dan biasanya rumah yang seperti ini akan selalu di minati oleh renter, untuk itulah pentingnya membuat rumah anda dalam keadaan bersih, tertata rapi dan juga nyaman ketika orang bertempat tinggal di dalamnya.

3. Tentukan harga sewa rumah anda

Menentukan harga sewa rumah penting untuk di tetapkan dari awal. Dalam hal harga sewa tentu saja erat kaitannya dengan target pasar anda, jika target anda adalah orang bule atau luar tentu saja harganya akan jauh lebih mahal, namun harus anda sesuaikan juga dengan kondisi rumah anda.

Untuk membuat harga sewa sebuah rumah anda tak perlu merasa bingung, cukup dengan mengetahui harga pasaran sewa rumah di lokasi rumah anda dan selanjutnya buatlah harga sewa bersaing dengan rumah lainnya.

Namun jika rumah anda memiliki nilai tambah atau fasilitas khusus seperti internet free, gratis laundry dan lainnya, tentu saja anda boleh menaikkan harga sewa rumah anda dengan catatan masih dalam batasaan yang sewajarnya.

4. Cari penyewa dengan cara memasang iklan

Cara Mencari Penyewa Rumah

Cara paling mudah untuk mencari penyewa rumah adalah dengan cara memasang iklan di rumah tersebut. Untuk hal ini anda cukup membuat iklan sederhana di rumah anda dan buat iklan seperti “rumah disewakan” dan jangan lupa juga untuk mencantumkan nomor telepon anda.

5. Cari penyewa dengan iklan online

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, maka anda juga boleh memanfaatkan internet sebagai jurus marketing anda. Jika anda merasa kesulitan mencari penyewa secara offlline atau manual, maka selanjutnya anda juga boleh memasang iklan di internet seperti di situs-situs besar yang khususnya memiliki niece properti seperti berniaga.com, olx.co.id, rumah.com dan lain sebagainya.

6. Layani penyewa anda dengan baik

Jika anda sudah berhasil menemukan penyewa, maka hal berikutnya yang penting anda lakukan adalah melakukan komunikasi atau melayani renter dengan baik. Sebaiknya sebagai pemiliki rumah anda harus melakukan pemeriksaan terhadap rumah anda secara berkala, jika anda mendapatkan keluhan seperti adanya hal yang harus diperbaiki dalam rumah anda, maka layanilah penyewa anda dengan baik dan lakuakan perbaikan segera jika memang di butuhkan.

Dengan demikian penyewa anda akan merasa nyaman untuk tinggal di rumah anda, dan untuk selanjutnya juga mereka tidak akan merasa sungkan untuk memperpanjang masa sewa rumah anda.

Sekian dulu postingan untuk cara Cara Mencari Penyewa Rumah jika anda memiliki tips lainnya silahkan tambahkan di kolom komentar.

Baca juga artikel ini Tips Bisnis Properti Kos Kosan

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *