Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Cara Agunkan Rumah Ke Bank

Cara Agunkan Rumah Ke Bank~ Ada banyak cara untuk mendapatkan modal ketika ingin mengembangkan bisnis ataupun menambah investasi, salah satunya adalah dengan mengagunkan atau menggadaikan rumah yang kita miliki.

Istilah mengagunkan rumah sering juga kita dengar dengan sebutan di sekolahkan, yang artinya rumah kita di gadaikan ke pihak bank untuk mendapatkan pinjaman yang kemudian akan kita gunakan baik itu untuk keperluan modal bisnis, investasi dan lain sebagainya.

Sebelum mengagunkan sebuah rumah sebaiknya anda harus mempunyai tujuan yang jelas mengapa harus melakukannya, apakah anda memang butuh bantuan tambahan modal buka usaha, atau ingin membeli properti berikutnya dan lainnya.

Selain di sebutkan di atas, perhatikan juga kondisi keuangan anda, di saat anda sudah mendapatkan pinjaman dari hasil mengagunkan rumah, tentu anda juga akan membayar cicilan kredit setiap bulannya ke bank. Berikut di jelaskan cara mengagunkan rumah ke bank.

Untuk mengagunkan rumah, hampir sama halnya dengan bagaimana anda melakukan pengajuan kpr rumah, pertama anda boleh datang ke bank dan tanyakan syarat untuk mengagunkan rumah anda.

Berikut syarat yang biasanya di gunakan untuk mengagunkan rumah.

Baca juga artikel terkait Cara Agunkan Rumah Ke Bank

Cara Mengajukan KPR Agar Sukses Dan Disetujui Bank

5 Cara Menaikkan Harga Rumah

Data pribadi

1.Fotocopy ktp, kartu keluarga, surat nikah (jika sudah berkeluarga).

2.Fotocopy surat keterangan gaji/penghasilan 3 bulan terakhir.

3.Fotocopy  surat keterangan kerja.

4.Fotocopy Rekening koran 3 bulan terakhir.

5.Fotocopy NPWP pribadi.

Data agunan

1.Fotocopy  Sertifikat Rumah (HGB atau SHM)

2.Fotocopy  Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

3.Fotocopy AJB (Akta Jual Beli)

4.Fotocopy PBB terakhir

Jika syarat permohonan pengajuan keredit sudah anda lengkapi, setelah beberapa hari biasanya bank akan langsung melakukan survei ke rumah yang akan anda agunakan untuk di appraisal.

Perlu anda ketahui bank akan memberikan besar pinjaman sebesar 70% dan maksimal hingga 80% dari harga rumah anda yang telah terlebih dahulu telah di taksir bank.

Jika bank telah melakukan survei, di hari berikutnya biasanya bank akan menghubungi anda terkait hasil permohonan pengajuan anda.

Jika permohonan di terima, bank akan meminta dokumen asli seperti sertifkat rumah, imb, ajb dan seterusnya untuk di serahkan. Sertifikat asli tersebut akan anda bawa ke bank sebagai jaminan dari pinjaman anda, kemudian anda akan menandatangani seluruh isi perjanjian kredit.

Jika sudah bank akan mencairkan uang sesuai dengan permohonan anda. Bagaimana mudah bukan? Sekian dulu artikel Cara Agunkan Rumah Ke Bank jika anda ingin bertanya terkait cara mengagunkan rumah silahkan tambahkan di kolom komentar.

Baca juga artikel ini ya, Penyebab Properti Dijual Murah

Bantu Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *