Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Berbagai Sumber Pendanaan Untuk Membeli Properti

Salah satu keahlian paling penting yang harus dimiliki oleh pebisnis atau investor dalam properti adalah “FUND” atau pendanaan.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Robert T Kiyosaki dan Dolf De Ross dalam seminarnya adalah untuk sukses di properti ada beberapa kunci penting yang harus anda ketahui seperti FIND, FUND and FARM.

Find adalah keahlian untuk mencari properti yang mempunyai potensi yang bagus dan bisa di  konversi menjadi aset bagi pemiliknya. Sedangkan Fund adalah keahlian untuk mencari pendanaan untuk membiayai pembelian properti yang sudah di tentukan dan negoisasikan. Berikutnya Farm adalah keahlian yang harus dimiliki untuk memanagement properti untuk membuatnya terus bertambah sehingga aset anda terus berkembang dan pasif income anda semakin besar.

Kali ini kita akan membahas pendanaan atau Fund untuk membeli properti yang kita anggap dapat memberikan aset atau cashflow yang baik bagi kita.

Oke, langsung saja berikut ini akan dijelaskan berbagai sumber fund atau pendanaan yang bisa anda manfaatkan ketika ingin membeli property.

1.Pinjaman dari keluarga

Keluarga merupakan orang-orang yang paling dekat dengan anda dan mungkin juga yang paling mengetahui masalah, kondisi serta rencana yang sedang anda buat. Jika anda sudah menentukan properti yang anda anggap akan memberikan keuntungan dan cashflow yang baik untuk anda maka sekarang saatnya untuk mencari pendanaan dengan menceritakan ide dan maksud anda terlebih dahulu kepada keluarga terdekat anda.

Kunci paling utama saat menceritakan maksud baik anda baik itu ke orang tua, mertua, saudara adalah anda harus mampu meyakinkan mereka dengan rencana investasi anda. Kemudian buatlah perjanjian mengenai sistim pembayaran yang akan anda lakukan untuk membayar utang anda jika sudah anda terima.

Dengan seperti itu akan membuat mereka lebih mengerti maksud dan niat anda serta membuat mereka merasa lebih yakin karena anda mampu menjelaskan ide anda dengan detail sampai ke cara pelunasan yang akan anda buat untuk membayar utang anda tersebut.

2.Pinjaman dari rekan

Sumber pendanaan berikutnya adalah dari rekan atau teman anda, temuilah mereka yang anda anggap dapat membantu anda untuk mendanai pembelian rumah anda. Kunci utama untuk mendapatkan pendanaan dari teman anda adalah mampu meyakinkan mereka.

Jelaskan maksud dan rencana anda kepada mereka dan jangan lupa juga untuk tetap membuat perjanjian mengenasi sistim pelunasan yang akan anda lakukan untuk membayar utang anda nantinya.

3.Pendanaan dari kantor atau perusahaan tempat anda bekerja

Cara yang satu ini juga bisa anda manfaatkan, jika anda bekerja di perusahaan tanyakanlah kepada perusahaan atau kantor anda, apakah ada pinjaman yang disediakan.

Sumber pendanaan yang satu ini akan sering berhasil membantu anda jika anda mampu meyakinkan atasan atau kantor anda, ya tentunya kita harus pertimbangkan juga berapa kira-kira kantor atau perusahaan anda mau untuk mendanai pembelian properti anda.

Penting anda ingat perusahaan atau kantor anda biasanya mengetahui kemampuan financial anda, untuk itulah ajukan besar pinjaman yang wajar dan sesuai dengan kemampuan bayar anda.

4.Pendanaan oleh pemilik properti

Jika anda langsung berpikir bahwa bank adalah sumber pendanaan yang menjadi priorias utama, maka anda harus rubah dulu pola pikir anda kembali.

Pemilik properti yang akan anda beli, bisa saja anda jadikan ibarat sebuh bank. Caranya lakukan negoisasi sistim pembayaran kepada pemilik properti tersebut. Banyak cara yang bisa anda coba seperti naikkan harga dan turunkan syarat, seperti membuat perjanjian kontrak bahwa pelunasan dilakukan selama dua atau tiga tahun.

Berikutnya anda juga boleh coba dengan membayar DP yang tinggi dan sisanya anda bayar dengan meminta waktu selama satu tahun, dua tahun dan seterusnya.

Selanjutnya anda juga boleh negoisasikan sistim pembayaran seperti dengan membuat pelunasan melalui pembayaran montly payment dan sebagainya.

5. Lembaga keuangan non bank

Cara berikutnya anda juga boleh manfaatkan lembaga keuangan non bank seperti koperasi, BPR, lembaga leasing dan sebagainya. Sumber pendanaan yang satu ini bisa anda pertimbangkan walaupun terkadang bunga yang diberikan lebih tinggi, namun jik anda yakin anda masih tetap untung dengan cashflow yang positif maka pendanaan yang satu ini bisa menjadi pilihan.

6. Bank

Sumber pendanaan bank biasanya menjadi pilihan banyak orang. Yang paling penting untuk anda ketahui sebelum mengajukan permohonan kredit ke bank maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu kemampuan bayar anda dan ketahui juga apa yang diinginkan bank dari anda.

Jika anda sudah memahaminya maka persiapakan seluruh dokumen persyaratan untuk pengajuan kredit dan sebaiknya masukkan permohoanan kredit anda ke banyak bank sekaligus. Dengan demikian peluang untuk mendapatkan kredit anda semakin besar dan selanjutnya pilihlah yang memberikan bunga terendah dan yang memberikan plafond tertinggi serta masa kredit yang lebih lama.

7. Manfaatkan pendanaan dari sewa dibayar di muka

Cara berikut ini bisa anda manfaatkan minimal untuk membantu anda membayar DP properti yang akan anda beli. Jika anda sudah melakukan deal dan sudah diberikan hak atas properti tersebut maka selanjutnya anda boleh meminta pembayaran dimuka kepada penyewa properti tersebut, jelaskan kepada mereka bahwa anda adalah pemilik yang baru dan beritahukan kepada mereka bagi siapa saja yang membayar sewa dimuka akan mendapatkan diskon.

Dengan demikian akan memungkinkan bagi anda untuk mendapatkan dana tambahan minimal untuk membantu anda membayar DP dari properti tersebut.

8. Menjual furniture dari properti

Selanjutnya untuk membantu anda mendanai pembayaran properti yang akan anda beli, maka anda bisa melihat barang dan furniture apa saja yang boleh di jual dari properti tersebut baik itu lemari, TV atau barang-barang berharga lainnya.

Dengan demikian anda akan mendapatkan dana tambahan dari hasil penjualan furniture tersebut.

9. Mengagunkan aset atau properti anda

Apabila sebelumnya anda sudah memiliki rumah dan sertifikat berada ditangan anda, maka anda jangan membuat sertifikat tersebut menganggur atau disia-siakan. Anda boleh memanfaatkan sertifikat rumah tersebut dengan cara mengagunkannya kembali ke bank, dengan demikian anda akan mendapatkan dan segar.

Dana segar dari hasil mengagunkan sertifikat properti tersebut bisa anda gunakan untuk membeli properti yang sekarang ingin anda beli.

Nah sungguh banyak bukan cara yang bisa kita gunakan untuk mendanai pembelian property? Sebenarnya masih ada lagi cara-cara kreatif yang bisa anda lakukan untuk mendanai properti yang akan anda beli, namun dengan cara diatas saya pikir sudah cukup banyak dan patut anda coba.

Demikian dulu artikel Berbagai Sumber Pendanaan Untuk Membeli Properti semoga dengan adanya artikel ini kita mampu semakin kreatif dan berhasil mendanai rumah atau properti yang akan dibeli.

Baca juga artikel ini Menggunakan Leverage Untuk Investasi Properti

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *