Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Beli Apartemen Atau Rumah

Beli Apartemen Atau Rumah Mana Yang Paling Baik ~  Untuk saat ini seiring dengan pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun yang semakin meningkat drastis khususnya di kota-kota besar membuat permintaan akan tempat tinggal atau hunian semakin besar juga.

Hal ini tak asing lagi sebab rumah hunian sendiri sudah menjadi kebutuhan umum untuk semua orang sebagai tempat tinggal. Dan yang menjadi masalah adalah pertumbuhan penduduk yang semakin besar namun luas tanah yang kita miliki tidak akan pernah bertambah, sehingga mengakibatkan terdapatnya keterbatasan lahan untuk membangun perumahan. Hal ini lah yang umum di temui khususnya di kota-kota besar.

Untuk mengatasi keterbatasan lahan dalam menyediakan tempat tinggal, para depelover pun membuat konsep hunian yang lebih modern dengan memaksimalkan lahan yang serba terbatas namun dapat di huni oleh banyak orang seperti di buatnya rumah susun, apartemen yang tetap berada di lokasi strategis dan di tengah kota.

Nah berbeda halnya jika anda ingin membangun rumah di tengah kota yang biasanya akan sulit untuk mendapatkan lahan, dan jikalau pun lahan tersedia biasanya letaknya tidak strategis atau berada di pinggiran kota sehingga bagi mereka yang bekerja di tengah kota akan kewalahan karena jaarak yang sudah terlalu jauh.

Bagi anda yang sudah mempersiapkan dana dan berencana untuk membeli properti sebagai tempat tinggal, mungkin saat ini merasa sedikit kebingungan apakah memilih apartemen atau rumah.

Nah, untuk itu sebelum anda mengambil keputusan apakah akan membeli rumah hunian atau apartemen, dibawah ini akan di jelaskan beberapa hal penting yang harus anda ketahui.

#Beli Rumah

1. Anda akan lebih leluasa jika suatu saat anda mempunyai dana lebih dan berencana untuk melakukan renovasi atau mengembangkan bangunan rumah anda.

2. Sertifikat lebih mudah untuk dijadikan sebagai agunan ke bank.

3. Tingkat sosialisai di lingkungan perumahan lebih tinggi jika dibandingkan dengan apartemen.

4. Jika dilihat dari segi bangunan, rumah tapak lebih aman karena tidak mempunyai struktur bangunan yang bertingkat dalam jumlah yang banyak seperti yang terdapat pada apartemen.

5. Rumah tapak lebih terasa nyaman jika dibanding apartemen karena memiliki teras dan sirkulasi yang lebih.

6. Dari segi sertifikat, rumah biasanya memiliki sertifikat SHM (Sertifikat Hak Miliki) yang status kepemilikannya terkuat dan tidak adanya batasan waktu, namun begitu sertifikat rumah sendiri ada beragam jenis juga. Berbeda ketika anda beli apartemen yang sertifikatnya hanya HGB (Hak Guna Bangunan) yang mempunyai batasan waktu hingga 20 ataupun 30 tahun.

7. Nilai investasi rumah jangka panjang jika dibanding apartemen, hal ini seiring dengan kenaikan harga tanah dan bangunan rumah yang dari tahun ke tahun semakin tinggi sehingga capital gain dari properti rumah dianggap lebih baik daripada apartemen.

#Beli Apartemen

1. Dari segi lokasi hampir semua apartemen yang dibangun biasanya berada di tempat yang strategis, dan ini tentu sangat cocok bagi anda yang mempunyai aktivitas seperti di perkantoran, pusat perbelanjaan, hiburan, rekreasi dan sebagainya. 

2. Biaya perawatan untuk apartemen biasanya lebih mahal baik itu untuk maintenance, listrik, air, keamanan, kebersihan, parikir dan biaya fasilitas lainnya. Untuk biaya ini biasanya akan di tagih satu kali dalam satu bulan yang biayanya bisa saja berjumlah ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Rumah dan apartemen sama-sama memiliki nilai invesatsi yang baik dan untuk menilai mana yang lebih baik, tentu saja ada beragam faktor yang mempengaruhinya. Untuk jangka investasi biasanya apartemen lebih rendah jika di banding dengan invesatasi rumah.

4. Jika anda bermaksud untuk menjadikan apartemen sebagai agunan ke bank seringkali nilainya lebih rendah di banding dengan rumah.

5. Dari segi keamanan atau privasi, apartemen lebih baik karena selalu di awasi dan dirancang dengan sistim yang baik.

6. Tingkat sosialisasi lebih rendah. Ya, ini seringkali ditemui di lingkungan apartemen yang tingkat sosialisasi antara penghuninya cenderung lebih rendah jik di banding dengan perumahan.

7. Dari segi privacy, apartemen dinilai lebih baik di banding perumahan karena penghuni yang memilih apartemen sebagai tempat tinggal biasanya mempunyai kesibukan masing-masing.

8. Dari sisi keamanan, apartemen seringkali di nilai kurang aman seperti jika terjadinya sebuah bencana, gempa, kebakaran karena bentuk bangunannya yang bertingkat-tingkat dan ruang geraknya lebih sempit.

Sekian dulu artikel kali ini untuk Beli Apartemen Atau Rumah semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini Beli Tanah Atau Rumah Mana Yang Paling Baik

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *