Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Bangun Rumah Murah Memanfaatkan Material Bekas

Bangun Rumah Murah Memanfaatkan Material Bekas ~  Halo sahabat usahaproperti.com apa kabar, sebelumnya saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Adha bagi anda yang tengah merayakannya. Kali ini admin akan share artikel yang membahas membangun rumah murah dengan memanfaatkan material bekas.

Memanggil seorang arsitek untuk merancang rumah pada umumnya di anggap mahal dan memboroskan budget, namun anggapan tersebut tidak selamanya benar, karena sang arsitek bisa saja memberikan ide untuk menekan biaya seefektif mungkin sehingga sesuai dengan budget anda.

Seperti yang di katakan arsitek pimpinan Studi Akanoma, Yu Sinng, biaya yang mahal dapat di atasi dengan cara konsep berbagi. Konsep ini pada umumnya di tujukan bagi klien yang mempunyai dana terbatas ketika membangun rumah.

Menyadari banyaknya orang membangun rumah dengan dana terbatas, Yu Sing mengutamakan untuk membangun rumah dengan ruang-ruang utama tersedia, misalnya kamar mandi dan kamar tidur dan lainnya ke depan bisa berlanjut ke kamar lain yang di butuhkan. Konsep ini di namakan konsep mencicil agar biaya yang di keluarkan tidak sekaligus dan berjumlah besar, ujar Yu Sing.

Yu Sing memulai karir sebagai arsitek lulusan ITB dan membentuk sebuah kantor bernama Studio Genesis dengan sekelompok teman-temannya. Pada pertengahan 2008, dia memutuskan untuk membuka studio Akanoma agar mampu lebih fokus menangani proyek-proyek rumah dengan dana terbatas.

Pertanyaan paling umum ketika membangun rumah adalah “bagaiman bisa murah?” pertanyaan tersebut merupakan hal paling umum. Yu Sing menjelaskan, semua kembali lagi pada seberapa efieisn desain rumah tersebut.

Misalnya biaya untuk struktur bisa sampai 40 persen hingga 50 persen dari biaya pembangunan rumah itu sendiri. Biaya ini bisa di di efisiensikan dengan menggunakan struktur alam, tidak harus material industri, ujarnya.

Bangun Rumah Murah Memanfaatkan Material Bekas

Ilustrasi Bangun Rumah Murah

Untuk menekan biaya, Yu Sing tidak ragu untuk menggunakan material-material bekas, misalnya dari sisa bongkaran bangunan lama. Menurutnya jika material tersebut masih layak di gunakan tidak ada salahnya menggunakan material bekas. Bahkan lebih lanjut Yu Sing tidak segan menyarankan klien untuk membeli material bekas yang layak pakai.

Tidak harus identik dengan material mahal, justru dengan bahan alam dan material bekas, ada kualitas ruang yang bisa di rasakan indera perasa kita, ujarnya.

Hal itu di buktikan Yu Sing dnegan beberapa desain rumah yang di buatnya tidak menggunakan keramik pada lantai dan tidak juga menggunakan cat pada dinding rumah. Terlihat berbeda, tapi justru berkarakter dan memiliki keunikan tersendiri bagi pemiliknya.

Salah satu proyek rumah murah yang di rancang Yu Sing adalah milik seorang tukang ojek di dago, Bandung. Rumah seluas 30 meter tersebut sudah rusak berat dan terlihat hampir rubuh.

Baca juga:

Cara Beli Rumah Tanpa DP

Cara Jual Rumah Secara Online, Ikuti Tips Ini

Bisnis Jual Beli Rumah Bekas

Cara Mudah Agar Rumah Tetap Rapi Dan Bersih

Dengan membawa konsep rumah murah, kemudian Yu Sing menggalang dana dari berbagai pihak yang turut peduli hingga keseluruhan rumah tersebut bisa di bangun kembali hanya dengan dana sebesar Rp 27 juta. Sungguh rancangan hebat dari Yu Sing.

Demikian artikel Bangun Rumah Murah Memanfaatkan Material Bekas semoga bermanfaat.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *