Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Bagaimana Cara Refinance Rumah

Bagaimana Cara Refinance Rumah ~ Refinance rumah merupakan salah satu cara yang dapat di lakukan untuk mendapatkan uang atau dana tambahan dari bank tempat anda melakukkan kredit seperti KPR rumah.

Namun sebelum kita membahas tentang bagaimana melakukan refinance rumah, ada baiknya kita ketahui mengapa refinance itu penting dilakukan. Tujuan dari melakukan refinance adalah untuk mendapatkan dana tambahan dimana bank akan menilai ulang properti anda kembali, dan jika hasil penilaian atau appraisal bank terhadap rumah anda jauh lebih besar dari harga sebelumnya, maka tentu saja anda akan mendapatkan modal tambahan dari bank.

Sebagai contoh jika anda membeli sebuah rumah di lokasi yang stratergis katakanlah 5 tahun lalu, maka seiring dengan kenaikan harga rumah yang bisanya selalu naik dari tahun ke tahun, maka hampir dipastikan rumah anda juga akan mengalami kenaikan harga di mata bank, belum lagi jika rumah anda sudah anda perbaiki atau dilakukan renovasi, tentu saja harga rumah anda akan lebih mahal.

Bagaimana Cara Refinance Rumah

Namun yang jadi pertimbangan penting sebelum memutuskan untuk melakukan refinance rumah adalah tujuan anda harus jelas. Jika rumah anda di nilai sudah lebih mahal dan anda mendapatkan dana tambahan dari bank, maka sudah pasti juga cicilan kredit anda akan semakin tinggi setiap bulannya, dan inilah yang penting untuk anda pertimbangkan apakah anda mampu membayar cicilan yang semakin mahal tersebut atau tidak.

Selanjutnya sebelum anda memutuskan melakukan refinance rumah, maka sebaiknya anda harus mempunyai tujuan yang bermanfaat akan dana tambahan yang akan anda peroleh. Jika anda melakukan refiance dan mendapatkan dana tambahan hanya untuk kepentingan yang tidak menghasilkan alias tidak begitu penting, sebaiknya anda hentikan niat anda untuk melakukan refinance, sebaliknya jika dana tambahan yang akan anda dapat anda gunakan untuk kepentingan seperti modal bisnis, menambah properti berikutnya maka jelas tujuan anda melakukan refinance rumah adalah baik.

Sebagai tips, sebelum menghubungi pihak bank untuk melakukan refincane rumah anda, maka ada baiknya pastikan dulu bahwa rumah anda sudah lebih mahal dari sebelumnya. Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan harga rumah anda adalah dengan cara melakukan perbaikan atau renovasi kecil-kecilan, mencat ulang rumah, membuat pagar rumah, membuat garasi dan lain sebagianya.

Jika anda sudah yakin rumah anda sudah mengalami kenaikan harga, selanjutnya anda bisa menghubungi pihak bank tempat anda melakukan kredit, dan beritahukan kepada mereka niat anda untuk melakukan refinance rumah.

Berikutnya anda tinggal menunggu hasil nilai ulang atau reappraisal bank terhadap rumah anda, setelah beberapa hari appraisal di lakukan, biasanya bank akan menghubungi anda terkait hasil appraisal rumah anda tersebut.

Oke, demikian dulu artikel Bagaimana Cara Refinance Rumah semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini Apa Itu Akad Kredit KPR

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *