Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Awas Beli Rumah Subsidi Jangan Dikontrakkan !!

Awas Beli Rumah Subsidi Jangan Dikontrakkan !! ~ Masih banyaknya jumlah masyarakat Indonesia yang hingga saat ini belum memiliki rumah tinggal, membuat pemerintah tidak bisa tinggal diam.

Salah satu program untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang di buat pemerintah adalah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Dalam prakteknya di lapangan, ada banyak masyarakat yang melanggar dengan memanfaatkan bantuan lewat FLPP untuk membeli rumah tempat tinggal dan kemudian mengontrakkannya pada orang lain.

Seperti di katakan direktur jenderal Pembiayaan Perumahan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR), Maurin Sitorus, pelanggaran pemanfaatan rumah subsidi adalah pencabutan subsidi dan kewajiban pengambilan subsidi yang telah di berikan.

“Rumah yang di tempati dari hasil pembelian melalui subsidi, di larang keras untuk di kontrakkan kembali. Sanksi sudah kita atur yakni selain di cabut, kemudian juga harus membayar kembali semua fasilitas yang di terima, ujar Maurin”.

Lebih lanjut Maurin mengatakan, denda tersebut berdasarkan lama cicilan yang diberikan pemerintah, Jika tidak sanggup membayar sanksi, maka rumah yang di tinggali pun terancam di lelang bank. Dendanya tergantung hitungan waktunya, saya lupa hitungannnya, yang kena juga sudah ada ribuan orang, angkanya saya sudah lupa, jelasnya.

Menurut Maurin, pihaknya aktif mendorong masyarkaat mengawasi penyaluran subsidi rumah agar tepat sasaran dan terhindar dari penyalahgunaan. Kementeriannya, kata Maurin, akan langsung melakukan pengecekan bila ada laporan masyarakat terkait penyalahgunaan rumah subsidi.

Beli Rumah Subsidi Jangan Dikontrakkan

Selanjutnya jika ada penyimpangan, laporannya bisa ke kantor kita, bisa juga melalui email atau sms. Saat itu juga aparat kita dan bank pelakasan KPR akan langsung melakukan pengecekan”, ujarnya.

Maurin melanjutkan, selain dilarang dikontrakkan, rumah subsidi juga tidak boleh ditelantarkan. Walaupun demikian, ada beberapa alasan yang bisa di tolerir.

Terakhir Maurin mengatakan “Rumah subsidi wajib di tingggali dan tak boleh di telantarkan. Ada beberapa yang boleh di telantarkan seperti rumah PNS yang harus pindah tugas ke luar kota, kondisi seperti itu masih bisa kita terima, kalau ditelantarkan tanpa alasan kita cabut dan minta subsidinya di kembalikan”, ujar maurin.

Baca juga:

Cara Beli Rumah Dengan Dana Pas-Pasan

Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Rp 4 Juta

Cara Membangun Rumah Tanpa Modal

Demikian artikel Awas Beli Rumah Subsidi Jangan Dikontrakkan !! semoga bermanfaat untuk anda.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *