Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Apa itu ROYA

Apa itu ROYA – Pernahkah anda mendengar istilah ROYA? Jika anda sudah pernah melunasi hak tanggungan seperti utang KPR rumah ke pihak bank maka anda pasti pernah mendengar istilah ROYA. Nah bagi anda yang belum tahu atau pertama kali mendengar istilah ROYA, maka dibawah ini akan dijelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan ROYA.

ROYA disebut juga dengan penghapusan hak tanggungan yang merupakan penghapusan hak jaminan karena adanya pelunasan utang yang dibebankan atas hak tanah dari pemilik kepada pihak bank.

Lebih singkatnya untuk mudah di pahami, saat anda membeli sebuah tanah atau rumah, dan anda mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan seperti bank, maka sertifikat rumah anda tersebut akan diminta oleh bank sebagai jaminan kredit anda.

Apa itu ROYA

Dan berikutnya anda akan menandatangani  perjanjian kredit sebagai bukti bahwa anda telah setuju yang di sertai dengan Akta Pemberian Hak Tangguangan (APHT) yang di buat berdasarkan perjanjian kredit tersebut.

Berikutnya PPAT/Notaris akan mengajukan pencatatan kepada Kantor Pertanahan/BPN. Dari proses ini pihak BPN atau kantor pertanahan akan memberikan Sertifikat Hak Tanggungan yang berisikan informasi dan keterangan sesuai yang tercantum dalam APHT kreditur.

Sertifikat hak tanggungan berguna sebagai bukti bahwa objek tersebut telah dibebankan hak tanggungan. Jika proses pencatatan hak tanggungan di sertifikat dan Sertifikat Hak Tanggunan sudah selesai, maka selanjutnya Sertifikat Hak Tanggungan tersebut akan di serahkan kembali ke PPAT untuk di berikan kepada debitur dan di simpan hingga pelunasan utang selaesai.

Pada saat utang telah selesai di lunasi oleh kreditur, maka bank akan mengeluarkan Surat Keterangan Lunas yang disertai dengan Surat Roya yang di alamatkan pada Kantor Pertanahan/BPN dimana di dalam surat tersebut terdapat permohonan agar catatan Hak Tanggungan segera dihapus.

Selanjutnya Surat ROYA dan Sertifikat Hak Tanggungan akan diserahkan kembali kepada kreditur atau pemilik agar segera mengajukan permohonan pengahapusan Pembebasan Hak Tanggunan kepada kantor pertanahan.

Jika permohonan penghapusaan Pembebasan Hak Tanggungan yang disertai surat ROYA telah anda serahkan kepada pihak BPN, maka sertifikat anda akan kembali bersih dan catatan hak tanggunan yang pernah dicatatkan oleh BPN akan di hapus sehingga anda bebas dan bersih dari hak tanggungan.

Sekian dulu artikel Apa itu ROYA terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini ya, Pengertian Properti Komersial

Bantu Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *