Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Apa Itu Refinance Rumah

Apa Itu Refinance Rumah ~ Pernahkah anda mendengar istilah KPR Refinance ? Jika anda memiliki KPR rumah yang sedang berjalan dan kebetulan anda sedang membutuhkan dana tambahan maka refinance rumah mungkin adalah satu cara yang tepat untuk membantu anda mendapatkan dana tambahan.

Pengertian KPR Refinance

KPR Refinance adalah penilaian ulang atau mengappraisal kembali harga rumah yang telah anda beli sebelumnya. Karena harga rumah cenderung selalu naik setiap tahunnya, maka sistim refinance sangat cocok untuk dilakukan jika anda memaang sedang membutuhkan modal tambahan baik itu untuk keperluan bisnis, mengembangkan investasi dan lain sebagainya.

Apa Itu Refinance Rumah

Sebagai contoh jika harga rumah yang anda beli 2 tahun yang lalu adalah sekitar 500 juta, maka seiring dengan pertumbuhan harga properti yang selalu naik seperti kenaikan 10%, 20%, 30% setiap tahunnya, maka untuk saat ini harga properti anda tersebut bisa saja sudah mencapai 600 juta atau lebih.

Nah, selisih harga tersebut bisa anda dapatkan dari bank tempat anda mendapatkan KPR rumah anda.

Kapan saya bisa melakukan KPR Refinance

Untuk melakukan KPR refinance sebaiknya bisa anda lakukan minimal 1 tahun setelah KPR berjalan, masa 1 tahun biasanya rumah sudah mengalami kenaikan harga mengikuti pertumbuhan pasar peroperti, khususnya jika anda memilih lokasi rumah di tempat yang strategis biasanya akan lebih cepat mengalami kenaikan harga.

Cara mengajukan KPR Refinance

Cara pengajuan KPR Refincane sangatlah mudah, anda boleh datang ke bank tempat anda mengambil KPR dan ajukan permohonan KPR Refinance anda. Jika pengajuan permohonan anda sudah diterima, pihak bank akan melakukan survei dan appraisal ulang terhadap rumah anda.

Untuk mengetahui hasil apparaisal rumah, biasanya bank akan memberitahukan  setelah 1 atau 2 hari setelah appraisal atau penghitungan ulang harga rumah di lakukan. Untuk ini pihak bank biasanya akan menghubungi anda sehubungan dengan hasil penilaian ulang rumah anda.

Cara membuat harga rumah naik jauh lebih tinggi

Nah, hal ini cukup penting untuk anda ketahui, sebelum anda mengajukan permohonan refinance KPR, pastikan terlebih dahulu harga rumah anda sudah mengalami kenaikan harga. Selain kita harus mengetahui harga kenaikan pasar properti, beberapa hal bisa anda lakukan juga untuk meningkatkan harga rumah anda seperti melakukan renovasi rumah, mencat ulang, menambah garasi rumah dan sebagainya.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Refinance KPR

Mendapatkan dana tambahan melalui Refinance KPR bisa saja mudah untuk anda, namun yang terpenting dari semua itu adalah pertama kita harus mempunyai tujuan yang jelas akan dana yang akan kita dapatkan.

Sebaiknya gunakanlah dana hasil refinance anda untuk hal yang bisa memperbaiki kondisi keuangan anda seperti membuka atau mengembangkan bisnis baru anda, membeli asset properti berikutnya dan lain sebaigainya, sebaliknya hindari menggunakan uang hasil refincane untuk kebutuhan yang konsumtif guna menjaga financial anda tetap dalam kondisi yang sehat.

Selanjutnya anda juga perlu menganalisa kemampuan financial anda, dengan mendapatkan dana tambahan berarti utang anda akan semakin besar dan tentu saja cicilan perbulan anda juga akan semakin bertambah.

Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk meminjam dalam jumlah yang besar jika total pengeluaran anda perbulan tidak sebanding dengan total pemasukan atau income anda.

Tetaplah ingat, orang kaya akan selalu memperbanyak asset dimana setiap sen dari uang mereka akan dipergunakan sebaik mungkin untuk memperoleh asset yang bisa memberikan passive income kepada mereka, sebaliknya orang menengah dan miskin akan menggunakan uang mereka untuk membeli liability atau kewajiban.

Oke, demikian dulu artikel Apa Itu Refinance Rumah semoga bermanfaat untuk anda semua. Silahkan tinggalkan komentar jika anda hendak menanyakan sehubungan dengan refinance rumah.

Baca juga artikel ini ya, Take Over KPR Rumah Untuk Modal Usaha

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *