Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Apa Itu NJOP (Nilai Jual Objek PaJak)

Apa Itu NJOP (Nilai Jual Objek PaJak) ~ Jika anda hendak membeli sebuah tanah atau bangunan, mungkin seringkali anda mendengar istilah NJOP.

Nah, sudah tahukah anda apa itu NJOP? Jika masih kurang paham apa yang dimaksud dengan NJOP, dibawah ini akan dijelaskan dengan singkat. NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) merupakan harga rata-rata yang di dapatkan dari harga transaksi jual beli yang terjadi secara wajar. Berikut saya sertakan gambar dari surat NJOP sebuah rumah.

Apa Itu NJOP (Nilai Jual Objek PaJak)

Selajutnya jika transaksi jual beli tidak ada, maka NJOP dapat juga di tentukan dengan perbandingan harga dari objek lainnya yang sejenis, nilai perolehan baru ataupun dengan NJOP pengganti.

Perbandingan harga dari objek lain yang sejenis merupakan suatu cara untuk menentukan nilai jual objek pajak yaitu dengan melakukan perbandingan atau comparation dengan objek pajak lain yang memiliki kesamaan atau sejenis yang letaknya cukup berdekatan dan memiliki fungsi yang sama dengan catatan objek pembanding tersebut telah diketahui harga jualnya.

Sedangkan untuk nilai perolehan baru merupakan sebuah cara untuk mendapatkan nilai jual objek pajak dengan cara menghitung seluruh total biaya yang di keluarkan untuk mendapatkan objek tersebut, dan tentu juga untuk mendapatkan penilaian objek pajak harus di sesuaikan dengan kondisi fisik banguan tersebut, bangunan yang sudah lama dibangun tentu saja mempunyai nilai penyusutan.

Selajutnya nilai jual pengganti merupakan sebuah cara untuk mendapatkan nilai jual objek pajak berdasarkan pada hasil pendapatan atau income objek yang di nilai tersebut.

NJOP sendiri dibuat bertujuan sebagai dasar dalam pengenaan pajak PBB yang biasanya kita bayarkan setiap tahunnya ke kantor perpajakan.

Di dalam NJOP terdapat keterangan seperti menganai objek bangunan yang dihitung berdasarkan luas permeter persegi, yang kemudian akan dijadikan sebagai dasar pengenaan pajak PBB dari objek bangunan itu sendiri.

Untuk melihat berapa besar NJOP sebagai dasar pengenaan pajak rumah anda, maka anda bisa melihat detailnya pada kertas pembayaran PBB rumah anda. Disana akan tertera detail luas dari bangunan rumah anda beserta harga rata-rata permeter peseginya yang dijadikan sebagai acuan untuk pengenaan pajak PBB.

Seiring dengan pesatnya laju pertumbuhan harga jual dari objek tanah ataupun bangunan di suatu tempat, maka nilai jual dari sebuah objek pajak pun dapat berubah. Untuk itu biasanya dalam beberapa tahun perubahan nilai NJOP dari sebuah objek akan terjadi, dengan demikian dasar pengenaan pajak PBB anda pun akan berubah juga sehingga besar pengenaan pajak PBB dari objek bangunan anda akan lebih besar yang harus anda bayarkan dari sebelumnya.

Sekian dulu artikel Apa Itu NJOP (Nilai Jual Objek PaJak) semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini Apa Itu KPR Rumah

Bantu Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *