Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Apa Itu KPR Rumah

Apa Itu KPR Rumah – Kredit Pemilikan Rumah atau disingkat KPR merupakan sebuah produk yang di khususkan untuk pembiayaan pembelian rumah dengan aturan yang telah ditetapkan oleh lembaga financing seperti perbankan dengan agunan rumah.

Saat ini KPR sendiri mempunyai cara pendanaan yang tentunya setiap bank mungkin mempunyai aturan yang berbeda, sebagai contoh sebuah bank bisa saja memberikan pendanaan kredit pembelian rumah hingga 90% dari harga rumah yang akan dibeli oleh konsumen, dan pada bank lain mungkin saja akan berbeda juga.

Namun pada umunya bank akan bersedia memberikan pendanaan KPR dari 70% hingga 90%. Pada pembelian rumah baru biasanya bank akan mau memberikan dana hingga 80% dan untuk rumah seken atau bekas akan di biayai hingga 70%.

Apa Itu KPR Rumah

Dengan demikian, untuk membeli sebuah rumah dengan sistim KPR maka pembeli di wajibkan mempunyai dana sebesar 20 atau 30%, tentu saja tergantung dari berapa besar bank memberikan pendanaan.

Untuk mendapatkan pembiayaan KPR caranya cukup mudah, pertama pastikan dulu bahwa anda sudah memilih properti yang akan anda beli, selanjutnya persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat permohonan pengajuan KPR. Untuk mengetahui apa saja syarat untuk mengajukan KPR, anda boleh baca artikel ini Syarat Pengajuan KPR.

Dan jika anda ingin mengetahui tips apa saja yang diperlukan agar permohonana pengajuan KPR anda disetujui oleh bank, maka anda bisa baca dulu artikel ini Cara Mengajukan KPR Agar Sukses Dan Disetujui Bank.

Berikutnya jika anda sudah mempersiapakan syarat pengajuan permohonan KPR, maka sekarang anda bisa mendatangi pihak bank dan ajukan permohonan anda dengan mengisi formulir pengajuan KPR yang disediakan oleh bank serta melampirkan syarat dokumen permohonan KPR yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Agar kemungkinan atau peluang di terimanya permohonan KPR anda semakin besar, maka sebaiknya ajukan saja permohonan anda ke banyak bank sekaligus pada saat yang bersamaan. Dengan demikian kemungkinan untuk mendapatkan pendanaan KPR akan semakin besar untuk anda.

Selanjutnya jika pengajuan KPR sudah anda lakukan, maka sekarang anda tinggal menunggu saja, biasanya pihak bank akan melakukan survei atau appraisal terhadap rumah yang akan anda beli, jika penilaian bank sangat baik dan anda layak untuk di berikan dana KPR, maka bank akan menghubungi anda kembali dan memberitahukan terkait informasi KPR yang anda ajukan.

Oke, sekian dulu artikel Apa Itu KPR Rumah semoga bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel ini 5 Cara Menaikkan Harga Rumah

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *