Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Apa Itu Kavling Dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Kavling Dan Jenis-Jenisnya ~ Barangkali anda sudah sering mendengar sebutan kavling, namun tahukah anda apa itu kavling dan apa saja jenis-jenis kavling?

Berikut ini akan kita bahas apa itu kavling dan jenis-jenisnya. Kavling merupakan beberapa bidang tanah yang biasanya di miliki perorangan ataupun badan usaha dalam satu kawasan yang sudah di petak-petak dengan ukuran tertentu untuk siap di dirikan sebuah bangunan di atas tanah tersebut.

Apa Itu Kavling Dan Jenis-Jenisnya

Dalam bukunya “Menjadi Kaya Melalui Properti” Panangian Simanungkalit menjelaskan ada 6 jenis bentuk kavling dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut 6 jenis kavling tersebut.

1. Cul De Sac Lot

Dari kata tersebut mungkin anda tak mengerti. Kalimat Cul De Sac Lot dalam bahasa Prancis artinya adalah jalan buntu. Sesuai dengan nama tersebut, jenis kavling ini terletak di ujung jalan buntu.

Kelebihan

Dari segi keamanan, bagian depan kavling yang areanya sempit sangat baik jika di lihat dari sisi keamanan.

Selain memiliki bagian belakang yang berbentuk melebar, tipe kavling ini juga terlihat lebih tenang dan damai serta cocok untuk di jadikan tempat tinggal.

Kekurangan

Area parkir yang sempit di depan rumah, serta pintu akses yang kecil membuat kavling dengan tipe ini sulit di akses.

2. Interior Lot

Kavling jenis interior lot merupakan jenis yang paling umum dalam sebuah cluster. Letaknya biasanya berada di tengah deretan kavling dalam satu blok.

Kelebihan

Hanya memiliki satu akses pintu masuk, sehingga lebih terjaga jika dilihat dari sisi keamanan. Selain itu tipe ini juga hanya memerlukan sedikit maintenance.

Selanjutnya kelebihan interior lot tidak terlalu berisik dan terlihat lebih private di banding dengan tipe corner lot.

Kekurangan

Masalah sirkulasi udara menjadi perhatian utama jika kavling jenis ini di jadikan tempat tinggal, selain itu jenis ini juga hanya memiliki satu arah pandang (view) saja.

3. T-Intersection Lot

Di Indonesia posisi tipe ini di kenal dengan istilah “tusuk sate”. Jika di lihat dari fengsui, tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Kelebihan

View yang terlihat luas di depan rumah dan cocok untuk di jadikan sebagai lokasi komersial karena letaknya yang mudah di temui dan terlihat jelas dari ke jauhan.

Kekurangan

Dari segi keamanan, tipe ini di nilai kurang bagus khususnya jika lalu lintas tepat di depan rumah. Selain itu bagi orang yang bertempat tinggal di dalamnya juga akan terganggu karena lalu lintas kendaraan yang dekat dengan rumah.

4. Corner Lot

Tipe kavling Corner Lot lebih dikenal dengan istilas hoek atau sebagai kavling sudut. Banyak orang menghindari tipe ini, namun sebagian orang malah mencari tipe ini karena secara umum tipe ini lebih luas jika di banding tipe interior.

Kelebihan

Seperti di sebutkan di atas tipe ini lebih luas di banding kavling interior dan memiliki dua pintu masuk. Cocok untuk tempat tinggal karena sirkulasi udara yang bagus serta baik di jadikan untuk tempat komersial karena memiliki area parkir yang cukup luas.

Kekurangan

Seringkali harus memerlukan biaya maintenance yang cukup tinggi, selain itu dari segi keamanan juga agak kurang karena memiliki dua pintu masuk. Jika kavling tepat di persimpangan jalan maka suasanan akan cukup berisik.

5. Key Lot

Berbeda dengan tipe kavling lainnya, key lot berada di tengah-tengah kavling lain sehingga dari atas kelihatan seperti mengunci kavling-kavling yang ada di sekelilingnya.

Kelebihan

Berbentuk memanjang kebelakang dan mempunyai area parkir yang cukup luas. Dari sisi kemaanan lebih terjaga karena hanya mempunyai satu pintu untuk akses masuk. Selain itu tipe ini juga hanya memerlukan sedikit maintenance, tidak telalu berisik dan terlihat lebih private jika di banding tipe kavling corner lot.

Kekurangan

Jika kavling ini di jadikan tempat tinggal, masalah sirkulasi udara harus menjadi perhatian. Dari segi view jenis ini hanya memiliki satu arah view saja.

6. Flag Lot

Sesuai dengan namanya di sebut flag lot atau kavling bendera karena kavling ini berbentuk huruf L seperti bendera yang sedang berkibar.

Kelebihan

Dari segi keamanan lebih terjamin karena pintu masuk mudah di awasi dan posisi kavling tersembunyi. Dari sisi fengsui, tipe ini seringkali lebih di sukai karena bentuk denahnya yang terlihat menggantung di bagian belakang.

Kekurangan

Tidak mempunyai akses langsung ke jalan utama sehingga kavling jenis ini kurang cocok untuk di jadikan sebagai lokasi komersial.

Sekian dulu artikel Apa Itu Kavling dan Jenis-Jenisnya semoga bermanfaat untuk kita semua. Silahkan berkomentar untuk menanyakan artikel seputar kavling.

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *