Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

Alasan Terkuat Mengapa Anda Harus Beli Properti Sedini Mungkin

Teman.. jika anda pernah mendengar kalimat dari para pakar properti “Don’t wait to buy real estate..buy and wait” maka itu benar adanya dimana kita sangat disarankan untuk tidak terlalu lama menunggu untuk membeli sebuah properti tapi sebaliknya jika memungkinkan belilah sedini mungkin dan tunggu.

Kali ini saya akan sharing kepada anda mengapa kita harus beli properti sedini mungkin.

1. Harga properti selalu naik diatas angka inflasi

Jika anda sering mengikuti dan melihat pasar properti mungkin andapun sudah tahu bukan jika harga properti  hampir dipastikan selalu naik setiap tahunnya melewati angka inflasi. Ada yang mengalami kenaikan harga dari 15 persen, 20 persen atau 30 persen dan seterusnya. Tentu kenaikan tersebut tergantung lokasi dari properti tersebut. Pada akhir-akhir ini harga properti di beberapa lokasi seperti yang terjadi di salah satu wilayah di Jakarta mengalami kenaikan hingga 200 persen hanya dalam kurun waktu 3 tahun, tentu sangat beruntunglah mereka yang membeli properti di lokasi tersebut.

Melihat angka inflasi yang bertumbuh dari tahun ke tahun di Indonesia yang biasanya berada diangka 8 persen atau kurang dari 10 persen maka bisa dipastikan dengan membeli dan berinvestasi di properti bisa sangat menjanjikan asalakan anda tahu ilmunya bagaimana berbisnis di properti untuk meraup keuntungan.

2. Tabungan anda tidak bisa mengejar kenaikan harga properti

Jika anda berencana untuk membeli properti dengan cara saving atau terlebih dahulu menabung hingga mempunyai jumlah uang sesuai dengan harga properti yang anda impikan maka sebaiknya ubahlah rencana anda tersebut.

Sebagai contoh katakan saja anda ingin membeli sebuah rumah dengan luas bangunan 36 meter dan luas tanah 72 meter persegi dengan harga 250 juta untuk saat ini, dan misalkan saja anda adalah seorang pekerja yang punya penghasilan 3 juta perbulannya.

Karena niat besar anda tersebut maka andapun mulai menyisihkan uang dari gaji anda sebesar 2 juta perbulan. Nah, sekarang anda mulai hitung berapa lama anda akan bisa mengumpulkan uang sejumlah 250 juta tersebut? Jika anda disiplin menabung dengan jumlah diatas maka anda akan berhasil mengumpukan uang sebesar 250 juta tersebut sekitar 10 tahun.

Nah, sekarang jika anda ingin membeli rumah yang sebelumnya anda impikan seharga 250 juta tersebut apakah harganya masih sama? Tentu saja tidak.. harga rumah impian anda bisa saja sudah menjadi 700 juta atau lebih. Karena pada kenyataannya rata-rata harga kenaikan properti di berbagai lokasi sudah mengalami kenaikan 100% atau bahkan lebih dalam kurun waktu 6 tahun.

3. Keterbatasan lahan

Tanah kedua tidak akan pernah diciptakan lagi , ya sebutan itu benar adanya yang artinya semakin hari dengan seiring bertumbuhnya angka penduduk tentu saja akan semakin banyak lahan yang akan digunakan baik itu untuk keperluan membangun rumah sebagai tempat tinggal, fasilitas umum dan sebagainya.

Dengan kata lain semakin hari keterbatasan lahan akan terjadi, untuk itulah pentingnya buat kita untuk memiliki sebuah tanah atau properti.

4. Merupakan kebutuhan primer

Properti sendiri telah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang, tentu siapa sajapun pasti membutuhkan rumah seperti untuk tempat tinggal bagi untuk keluarga dan keperluan lainnya. Jika sekarang anda masih tinggal dirumah kontrakan atau koskosan maka itu sesuatu yang wajar dan sah-sah saja, dan seiring dengan berjalannya waktu tentu kita tak mau selamanya tinggal di rumah yang bukan miliki kita sendiri, untuk itulah sangat disarankan bagi kita untuk sedini mungkin merencanakan dan bisa membeli sebuah properti.

5. Kontrol ada ditangan anda

Selanjutnya alasan terkuat mengapa kita di sarankan harus membeli properti sedini mungkin adalah karena jika anda memiliki sebuah properti milik anda sendiri maka kontrol penuh akan ada pada anda sendiri, anda bebas untuk memanfaatkan properti anda bisa untuk ditempati sendiri, disewakan atau dijual ulang kembali kapanpun anda mau.

Tentu sangat berbeda bukan jika anda berinvestasi misalnya di produk deposito, bermain saham, bisnis partnership yang kontrolnya tidak bisa anda lakukan sepenuhnya, anda tidak bisa membuat keputusan dan kebijakan anda sendiri pada investasi anda tersebut .

6. Properti merupakan salah satu investasi terbaik

Jika anda pergi ke bank dengan menceritakan ide anda katakanlah anda ingin berinvestasi emas dan anda ingin meminjam uang untuk invesatasi emas tersebut, apakah permohonan pinjaman anda tersebut akan segera diberikan?  hampir dipastikan tidak , ini disebabkan bank akan melihat resiko investasi anda, tapi sebaliknya jika anda berencana membeli properti dan anda datang ke bank dengan mencertikan maksud anda maka bank akan sangat tertarik dan jika bank menilai anda layak untuk diberikan pinjaman maka andapun bisa membeli properti anda tersebut.

Properti juga menjadi salah satu aset paforit bank, oleh sebab itulah bank biasanya berlomba-lomba mencari kreditur atau peminjam untuk pembelian properti dengan bunga yang bersaing dengan bank-bank lainnya. Hal tersebut terjadi karena pasar properti hampir dinilai selalu mengalami kenaikan harga yang tinggi dari tahun ke tahun.

Dengan melihat fakta yang terjadi di pasar bahwa harga properti cenderung selalu naik tinggi setiap tahunnya maka properti pun dinilai sebagai sebuah investasi yang paling menguntungkan.

 7. Financial freedom dari properti

Sudah banyak orang yang membuktikan dengan modal yang secukupnya atau tanpa modal sekalipun bisa sukses dan kaya dari properti, ya tentunya dengan mengetahui dan belajar terlebih dahulu bagaimana ilmunya untuk berbisnis di properti.

Jika anda berhasil membeli properti dengan cash flow yang positif atau dengan kata lain setiap bulannya properti yang anda beli tersebut menghasilkan uang lebih setelah di potong pengeluaran, maka dengan demikian penghasilan pasif anda akan bertumbuh.

Dengan adanya cashflow yang positif dari properti maka akan memungkinkan anda lebih cepat untuk mendapatkan financial freedom. Dengan memiliki sebuah properti juga, anda akan dengan mudah membangun bisnis lainnya seperti katakanlah anda ingin membuka usaha rumah makan, counter pulsa dan lainnya maka sekalipun anda tidak punya uang dengan adanya aset properti akan mudah bagi anda untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Demikianlah beberapa Alasan Terkuat Mengapa Anda Harus Beli Properti Sedini Mungkin dengan adanya artikel ini semoga semakin memotivasi anda untuk segera membuat rencana dan bertindak untuk bisa membeli properti sedini mungkin.

Baca juga artikel yang ini 5 Analisa Kunci Sebelum Memutuskan Membeli Properti

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *