Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

Adanya Oknum Membuat Biaya Sertifikasi Tanah Melonjak 10 Kali Lipat

Adanya Oknum Membuat Biaya Sertifikasi Tanah Melonjak 10 Kali Lipat ~ Apersi (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia) belum lama ini semakin mengeluhkan biaya pemecahan sertifikat tanah yang mencapai biaya hingga 10 kali lipat.

Adanya Oknum Membuat Biaya Sertifikasi Tanah Melonjak 10 Kali Lipat

“Misalnya saja biaya sertifikat tanah saja normalnya Rp 200 ribu, namun di lapangan bisa mencapai Rp 2 jutaan,” ujar Ketua Umum Apersi Eddy Ganefo seperti dilansir oleh Okezone.

Eddy mengatakan hal tersebut banyak ditemui di daerah-daerah yang lokasinya jauh dari pusat kota.

“Tapi untuk di Jabodetabek ada juga, namun tidak separah di daerah karena masih tergolong mudah di kontrol, tapi tetap lebih tinggi,” ujar Eddy.

Dia mengatakan proses pengurusan sertifikat yang masih kerap dimanfaatkan oleh oknum pegawai pemerintah sendiri berdampak pada terhambatnya proses pembangunan rumah.

“Tentu saja pasti akan menghambat pembangunan karena tertunda, padahal jika pengurusan sertifikasi cepat maka pembangunan pun bisa cepat dimulai,” tambahnya lagi.

Belum lama ini Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyi dan Baldan juga menghimbau agar proses sertifikasi diurus langsung di kantor Badan Pertanahan Nasional di tiap daerah. Dia juga memastikan biaya yang akan dikenakan itu tergantung pada masing-masing klasfikasinya.

“Biayanya bisa mulai dari gratis untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dan mulai dari Rp 50 ribu tergantung jenisnya,” tambahnya lagi.

Baca juga:

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *