Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Survei Rumah

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Survei Rumah ~ Survei adalah salah satu proses paling penting yang harus dilakukan sebelum memutuskan membeli rumah.

Faktor lokasi biasanya menjadi pertimbangan utama. Seperti dikatakan oleh advokat professional Frank Valentic, “Anda bisa mengganti arsitektur bangunan, namun Anda tidak akan bisa mengubah lokasi,” ujarnya seperti dilansir dari domain.com.au.

Valentic yang juga dikenal sebagai penasehat pembeli rumah menyarankan kepada pembeli untuk melakukan pengecekan yang detail mengenai kondisi lingkungan perumahan.

Menurtnya, lingkungan sekitar yang sesuai dengan gaya hidup Anda menjadi faktor yang sama pentingnya dengan lokasi yang starategis.

Sebab itu, sebelum Anda memastikan hunian tersebut pas dengan keinginan Anda, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Lokasi dan gaya hidup

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Survei Rumah

Seperti yang telah berulangkali dikatakan para pakar properti, bahwa lokasi adalah faktor vital ketika membeli rumah.

Lokasi juga akan menentukan gaya hidup keseharian Anda nantinya. Tentu saja Anda ingin memiliki hunian yang dekat pusat perkotaan, kafe, taman hingga akses transfortasi yang mudah.

Namun lokasi strategis tersebut jangan sampai mengorbankan dekat area bising seperti pom bensin, bangunan industri, rel kereta api, atau jalan raya utama, ujar Vallentic.

2. Layak huni

Berikutnya Valentic juga menyarankan calon pembeli untuk mengetes berapa lama watu yang dibutuhkan untuk berjalan kaki dari perumahan menuju beberapa fasilitas umum, misalnya stasiun kereta api atau perkotaan.

Anda dapat memberi nilai tambah hingga 20 persen pada suatu hunian jika jaraknya begitu strategis. Namun jika membutuhkan waktu lebih dari 15 atau 20 menit berjalan kaki menuju stasiun kereta api terdekat, ini bisa mengurangi nilai properti, tambahnya.

Lebih lanjut ia juga menyarankan untuk bertanya kepada RT/RW setempat mengenai proyek pembangunan atau pembagian area di sekitar perumahan.

3. Aspek cahaya

Bagi sebagian orang, aspek cahaya yang masuk kedalam ruangan adalah faktor penting sebelum membeli rumah. Sebab itu mereka kadang harus memperhatikan arah mata angin mana rumah tersebut menghadap.

Beberapa orang berpendapat rumah menghadap timur lebih baik, sebab penghuni akan mendapat sinar matahari pagi yang cukup.

Aspek penting lainnya adalah seperti view atau pemandangan. Sebuah rumah  yang dilengkapi oleh pemandangan ari seperti sungai atau taman, tentu saja akan menambah nilai hunian.

Baca juga:

4. Bising

Berikutnya Valentic menyarankan agar Anda melakukan survei pada beberapa waktu berbeda. Lakukan juga pengecekan kondisi pada malam hari.

Dengan demikian Anda akan dapat memperkirakan tingkat kebisingan atau mungkin pencahayaan berbeda dalam satu hari.

Kebanyakan orang menyukai ruang tamu model terbuka (open plan), serta denah ruang yang aps untuk area hiburan lanjut Valentic.

Namun dalam prakteknya tidak mudah untuk mengubah denah ruang, sebab itu jangan sampai terjebak dalam pemetaan ruang yang tidak disukai.

Kondisi seperti ini juga akan membuat anda susah menjual rumah tersebut suatu saat nanti.

Jika memang ada perbuahan denah ruang nantinya, maka perkirakan budget yang harus anda keluarkan.

6. Kesalahan dan pembangunan illegal

Sebelum Anda terjebak dalam tipuan pengembang, sebaiknya konsumen harus lebih berhati-hati ketika hendak membeli rumah baru.

Untuk mengetahui kerusakan atau kesalahan dalam membangun instalasi rumah, konsumen bisa meminta bantuan dari professional yang lebih berpengalaman.

Dan paling penting juga, Anda harus mengecek status keabsahan tanah untuk bangunan rumah. Jangan sampai pengembang membangun rumah di lokasi yang illegal.

7. Bersikap seperti investor

Pembeli yang bijak sebaiknya dapat mengadopsi trik para investor ketika hendak beli rumah. Sekali lagi, jika Anda kurang memahami aspek penting dari rumah yang potensial, cobalah ajak seseorang yang lebih paham untuk mengecek kondisi rumah secara objektif.

Mereka akan memberi saran dengan kepala dingin mengenai apa yang harus, dan sebaiknya jangan Anda lakukan.

Demikianlah artikel 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Survei Rumah semoga bermnfaat. Terimakasih.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *