Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

6 Kriteria Properti Layak Investasi

6 Kriteria Properti Layak Investasi – Ketika memutuskan untuk berinvestasi di properti, ada beberapa kriteria yang harus kita perhatikan. Tujuannya tentu saja demi mempermudah mencari properti mana saja yang layak untuk di beli atau tidak.

Dengan mengetahui beberapa kriteria penting yang harus di pertimbangkan, di harapkan mampu membantu siapa saja yang ingin  berinvestasi di properti.

Berikut 6 Kriteria Properti Layak Investasi yang perlu kita ketahui.

1. Cashflow positif

Point pertama ini sudah cukup banyak di singgung pada artikel sebelumnya. Dan inilah point terpenting menurut saya yang paling utama harus kita perhatikan saat berinvestasi di properti.

6 Kriteria Properti Layak Investasi

Gambar: Ilustrasi cashflow positif properti

Tujuan dari investasi tentu saja untuk membangun asset, atau biasa kita sebut dengan membangun passive income atau cashflow positif.

Nah ketika membeli properti, kita harus mampu menemukan properti yang memberikan cashflow positif. Cashflow positif artinya penghasilan dari properti tersebut lebih besar dari total pengeluaran yang anda keluarkan setiap bulannya.

Dengan cashflow positif yang cukup baik, anda akan mampu mempercepat ROI (Return of Investment). Lebih lanjut lagi, dengan terus mengembangkan asset positif akan semakin mudah bagi anda untuk membeli propeti berikutnya.

2. Untung saat membeli

Seperti yang selalu di anjurkan oleh guru properti, cara terbaik ketika membeli properti adalah usahakanlah untung saat membeli.

Untung tersebut maksudnya adalah jika pembelian properti anda berstatus “below the market” atau harga di bawah pasar.

Dengan demikian, potensi untuk mendapatkan keuntungan dari properti tersebut akan semakin besar.

3. Mengetahui motivasi penjual

Tak kalah penting dari pertimbangan lainnya, motivasi penjual juga salah satu faktor kunci yang harus kita pertimbangkan dengan baik.

Seperti yang telah di bahas pada postingan sebelumnya, ada beberapa motivasi penjual yang biasanya menjual propertinya jauh di bawah harga pasar. Namun ada juga beberapa pemilik properti ingin segera menjual propertinya karena selalu memberikan kerugian.

Untuk itu, ketahuilah dengan jelas motivasi dari penjual sebelum anda memutuskan membeli properti apakah motivasi tersebut baik hasilnya atau tidak.

4. Pertumbuhan lokasi yang potensial

Kriteria properti layak investasi berikutnya adalah melihat potensi pertumbuhan dari sebuah lokasi. Benar, jika rata-rata harga properti di Indonesia setiap tahunnya selalu mengalami pertumbuhan atau kenaikan harga.

Namun demikian, tidak semua lokasi properti selalu mengalami kenaikan harga. Di lokasi yang sulit berkembang seperti sulit di akses dan lingkungan yang kurang mendukung akan kurang baik di jadikan sebagai pilihan investasi.

Alih-alih anda mengharapkan kenaikan harga atau capital gain yang bertumbuh di lokasi yang sulit berkembang, untuk menjual ulang dengan harga murah pun terkadang sulit di lakukan. Untuk itu jelilah melihat perkembangan pasar agar invesatasi anda menguntungkan.

5. Kondisi bangunan bagus dan terawat

Point yang satu ini penting untuk di pertimbangkan, karena kondisi properti juga merupakan salah satu faktor kunci sukses anda.

Seperti telah di singgung di postingan sebelumnya, memperhatikan kondisi bangungan dari properti yang akan di beli bisa saja menjadi kunci untuk mengambil keputusan apakah properti layak di beli atau tidak.

Bangunan berumur tua yang biasanya di kategorikan telah berusia lebih dari 20 tahun, atau kondisi properti yang tampaknya harus memerlukan banyak renovasi yang mengeluarkan biaya yang cukup banyak akan mempengaruhi kondisi keuangan anda.

Sebagai tips, sebelum membeli identifikas terlebih dahulu kondisi properti tersebut apakah nantinya harus memerlukan renovasi atau tidak.

Jika hitungan anda perbaikan hanya memerlukan biaya kecil dan masih dirasa untung, maka bisa anda pertimbangkan kembali untuk di beli. Sebaliknya jika kondisi properti kurang baik, seperti harus melakukan perbaikan kembali dengan biaya besar yang anda anggap akan merugikan maka sebaiknya tinggalkan saja dan cari properti berikutnya yang lebih menguntungkan.

6. Dokumen harus lengkap dan sah

Berikutnya tak kalah penting untuk di perhatikan juga sebagai syarat utama properti layak investasi adalah mengenai kelengakapan dokumen.

Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya periksa terlebih dahulu kelengkapan dokumen. Hindari properti yang bermasalah seperti tidak adanya sertifikat atau hanya status girik, perumahan liar, properti masuk dalam status sengketa, sitaan atau dalam status jaminan.

Belilah properti hanya jika dokumennya lengkap dan adanya sertifikat. Untuk memastikan dokumen tersebut legal secara hukum, anda bisa periksa ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) dan melakukan transaksi dengan bantuan Notaris/PPAT.

Sekian dulu artikel 6 Kriteria Properti Layak Investasi semoga bermanfaat untuk anda semua. Sekarang, sudah siapkah anda untuk mulai berinvesatasi di properti?

Previous article must read, 12 Penghambat Mental Mengapa Orang Tidak Ingin Menjadi Investor Properti

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *