Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

6 Cara Mendapatkan Properti Hotdeal Ala Joe Hartanto

6 Cara Mendapatkan Properti Hotdeal Ala Joe Hartanto –  Barangkali anda sudah pernah mendengar nama Joe Hartanato. Dia adalah seorang pengusaha dan investor properti. Hingga saat ini investor yang sudah malang melintang di bisnis properti ini, masih giat mengajarkan ilmu properti baik itu melalui seminar, buku ataupun melalui websitenya sendiri.

Jurus-jurus yang di ajarkan oleh beliau biasanya berasal dari pengalamannya sendiri ketika menjalani bisnis properti mulai dari jatuh bangun hingga berhasil. Untuk suskes di binis properti Joe Hartanto menyarankan pentingnya memiliki guru atau pembimbing yang memang sudah ahli dan berpengalaman di bi dangnnya, terutama bagi anda yang masih kurang paham dengan seluk beluk properti.

6 Cara Mendapatkan Properti Hotdeal Ala Joe Hartanto

Gambar: Joe Hartanto

Pentingnya memiliki guru atau pembimbing yang lebih berpengalaman tentu saja akan mempermudah anda menuju sukses. Langsung saja, berikut 6 jurus dari Joe Hartanto untuk mendapatkan properti hotdeal yang bisa anda ikuti. Cara ini di sebut juga dengan “CAHATILOKODOK”.

1. Cashflow positif

Tidak semua properti yang harganya murah atau di bawah harga pasar mempunyai cashfolow yang baik. Beberapa properti yang di beli dengan harga di bawah pasar belum tentu menghasilkan cashflow positif. Cashflow yang baik atau di katakan positif adalah jika penghasilan properti anda lebih besar dari total biaya yang anda keluarkan untuk properti tersebut.

Sebaliknya cashflow negatif adalah penghasilan yang lebih kecil dari total pengeluaran. Misalnya jika pendapatan sewa properti anda adalah Rp 5 juta setiap bulan, setelah di potong pengeluaran yang totalnya Rp 7 juta maka properti tersebut kita sebut dengan cashflow negatif.

Jadi,  Selanjutnya anda juga akan meraup keuntungan dari penghasilan cashflow positif properti tersebut.

Sekarang, carilah properti hot deal dengan kriteria tersebut dan jauhi properti merugikan yang memberikan cashflow negatif.

2. Harga

Sebelum mengatkan sebuah properti itu murah atau mahal, sebaiknya lakukan survei pasar terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasaran properti.

Mengetahui harga pasaran, penting di lakukan agar anda tahu melihat properti mana saja yang berstatus murah atau hot deal. Selain itu dengan mengetahui harga pasar akan memudahkan anda melakukan penawaran dengan penjual dan menetapkan di angka berapa rumah yang anda incar layak di beli

3. Motivasi penjual

Berikutnya untuk mendapatkan properti hot deal, sebaiknya ketahui motivasi penjual dengan jelas. Seperti yang telah di bahas pada postingan sebelumnya, ada beberapa motivasi penjual yang seringkali menguntungkan pembeli karena harga properti yang di tawarkan berstatus hotdeal atau harga murah.

Beberapa motivasi tinggi penjual seperti menjual properti karena ingin pindah keluar negeri, pindah kota, adanya perceraian, kredit macet, butuh uang cepat, biasanya bisa menguntungkan calon pembeli karena pemilik berharap propertinya laku dalam waktu cepat sehingga menawarkan harga murah.

4. Lokasi

Properti sangat di pengaruhi lokasi, tak jarang pakar properti seringkali mengungkapkan faktor utama yang harus di pertimbangkan saat membeli adalah lokasi.

Untuk itu, ketahuilah lokasi yang sedang berkembang dan berpotensi dan hindari membeli properti yang lokasinya sulit berkembang.

Lokasi yang berkembang bagus akan cepat mengalami kenaikan harga sehingga akan menguntungkan pemilik properti, sebaliknya lokasi yang sulit berkembang akan menjadikan harga properti sulit naik harga dan bahkan sulit untuk di jual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

5. Kondisi

Point yang satu ini penting kita ketahui. Perhatikan kondisi rumah sebelum membeli apakah masih baru, sedang atau sudah berumur tua. Properti berumur tua yang sudah kelihatan usang atau banyak mengalami kerusakan akan menimbulkan biaya besar nantinya jika anda beli.

Jadi, pilihlah properti yang kondisinya bagus, siap pakai dan tidak memerlukan biaya untuk perbaikan. Jika properti incaran anda berpotensi bagus, namun ada beberapa kerusakan yang nantinya harus di perbaiki, maka hitung terlebih dahulu biaya tersbut dan cermatlah mengambil keputusan.

6. Dokumen

Terakhir yang penting di perhatikan juga saat mencari properti hot deal adalah legalitas dokumen. Pastikan dokumen seperti sertifikat rumah atau properti lainnya yang anda beli adalah asli serta memiliki dokumen lengkap.

Untuk lebih aman dan terjaminnya legalitas dokumen properti yang akan anda beli, sebaiknya kerja samalah dengan PPAT/Notaris ataupun BPN (Badan Pertanahan Nasional) untuk setiap transaksi yang anda lakukan.

Oke, demikian dulu artikel 6 Cara Mendapatkan Properti Hotdeal Ala Joe Hartanto. Selamat mencari properti hot deal buat anda, salam sukses.

Baca juga artikel sebelumnya, Mengubah Penghasilan Aktif Menjadi Passive Income Melalui Properti

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *