Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha PropertiBandar Online Terpercaya

5 Pertimbangan Sebelum Beli Rumah Tua

5 Pertimbangan Sebelum Beli Rumah Tua ~ Masalah budget adalah pertimbangan utama ketika hendak beli rumah. Tidak sedikit orang yang akhirnya harus membeli rumah seken atau bekas akibat dana yang tidak mencukupi.

Bukan sekedar rumah seken, melainkan rumah tua yang usianya telah mencapai lebih dari puluhan tahun yang struktur bangunannya masih saja kokoh. Namun sebelum memutuskan untuk menempatinya, ada beberapa hal yang patut anda pehatikan seperti yang telah kami rangkum dari rumah.com

5 Pertimbangan Sebelum Beli Rumah Tua

1. Cek kelengkapan dokumen

Sebelum memutuskan untuk beli rumah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memperhatikan legalitas dokumen atau sertifikat. Anda bisa memeriksa nama yang tercantum di dalam sertifikat rumah, apabila namanya bukan atas nama penjual, maka cari tahu hubungan pemilik tersebut dengan penjualnya.

Periksa juga IMB (izin mendirikan bangunan), hal ini untuk memastikan apakah luas bangunan sama dengan yang tertulis pada PBB dan IMB. Paling penting, anda harus memastikan bahwa sertifikat rumah tidak dalam masalah seperti masuk dalam sengketa atau sertifikat tidak legal.

Baca juga:

2. Punya waktu luang

Memiliki waktu luang menjadi penting karena rumah tua cenderung membutuhkan banyak perbaikan. Dan melakukan renovasi tentunya membutuhkan kehadiran anda sebagai pekerja, apabila anda sendiri yang memperbaiknya atau mencari kontraktor jika anda meminta jasa teknisi atau tukang untuk melakukan perbaikan. Jadi, akan lebih baik jika anda memiliki waktu luang.

3. Punya dana darurat

Dana darurat disarankan minimal besarnya enam kali pengeluaran bulanan anda. Layaknya mobl tua, rumah tua juga memerlukan perawatan yang tentunya tidak murah, sehingga sebaiknya anda harus menyiapkan dana untuk kebutuhan perbaikan apabila nantinya diperlukan.

4. Siap berbenah

Rumah berusia tua umumnya memiliki ruangan tersembunyi, seperti gudang ata kamar tidur tambahan. Barangkali ada baiknya apabila anda mengubah ruangan tersebut menjadi ruangan yang lebih berguna, misalanya menjadikan ruangan tersebut sebagai ruang kerja dan lain-lain.

5. Percantik interior

Apabila rumah yang anda beli masih kokoh sehingga tidak memerlukan perombakan besar-besaran, pastikan anda memang menyukai bentuk rumah tersebut.

Jika anda ingin memiliki rumah dengan view yang lebih modern, maka anda bisa mengganti bagian interiornya, misalnya apabila rumah itu tadinya menggunakan lantai keramik bermotif klasik, gantilah keramik di beberapa ruangan agar terlihat lebih modern. Selain itu anda juga bisa mempercantik interior dengan mengganti atau menambah perabot hingga mengganti warna cat rumah.

Dengan demikian rumah tua anda akan berubah menjadi terlihat menarik, cantik dan elegan. Itulah 5 pertimbangan sebelum beli rumah tua, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lewatkan !

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *