Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

5 Analisa Kunci Sebelum Memutuskan Membeli Properti

Sering kali kita merasa bingung dan tidak tahu apa yang harus dipertimbangkan ketika ingin membeli sebuah properti. Setidaknya keadaan seperti ini sering dialami oleh orang yang baru pertama kali beli properti. Hal tersebut disebabkan karena ketidaktahuan kita akan hal-hal dan faktor apa saja yang paling penting yang harus dipertimbangakan ketika hendak membeli properti.

Untuk itulah dibawah ini akan dijelaskan 5 analisa kunci sebelum memutuskan membeli proeprti yang bisa anda ikuti dan diterapkan.

1. Harga

Hal yang paling utama yang harus anda pertimbangkan sebelum memutuskan membeli rumah adalah “harga” dari rumah tersebut. Jangan langsung membuat keputusan sebelum anda mengetahui harga pasar dari rumah yang anda incar tersebut.

Saran terbaik adalah ketahui terlebih dahulu harga dari rumah tersebut untuk menghindari agar anda tidak membeli harga yang kemahalan yang jauh diatas harga pasar. Jika anda kurang mengetahui bagaimana menghitung secara tepat harga dari sebuah rumah dalam suatu lokasi maka anda boleh rileks dan ambil waktu terlebih dahulu untuk mengetahuinya.

Pertama cara mudah untuk mengetahui harga pasaran rumah yang anda incar adalah dengan menanyakan langsung kepada warga atau orang-orang yang berdekatan di sekitar lokasi rumah tersebut, tanyakan langsung kepada mereka berapa harga jual dari sebuah rumah yang mempunyai tipe-tipe yang hampir sama dengan harga rumah incaran anda. Cara ini adalah yang paling mudah dan tentu saja gratis untuk mengetahuinya.

Kedua anda bisa meminta bantuan kepada orang yang bekerja sebagai appraisal seperti orang yang bertugas sebagai tim survei atau appraiser di bank yang khusus bekerja untuk mensurvei sebuah rumah dan menghitung harga.

Anda boleh saja menghubungi seorang appraisal yang bekerja di bank untuk menghitung berapa harga rumah yang anda ingin beli tersebut, Nah disini anda harus bijak, anda boleh ajak makan siang dulu tuh orang yang akan anda ajak mensurvei harga rumah incaran anda, atau anda juga boleh bayar mereka untuk survei langsung ke lokasi rumah incaran anda.

Cara kedua ini akan lebih tepat dan biasanya lebih akurat, karena mereka sudah sangat sering melakukan survei berbagai properti di berbagai lokasi.

Selanjutnya anda juga boleh tanyakan kepada teman-teman anda yang lebih mengetahui seluk-beluk proeprti seperti marketer properti, broker, agen properti dan lainnya.

Dan yang terakhir anda juga bisa langsung menghitung berdasarkan harga NJOP dari sebuah rumah, dan kemudian hitung sendiri sesuai dengan luas tanah dan bangunan dari rumah tersebut, kelemahan dari cara ini adalah bahwa harga yang dibuat di NJOP banyak yang tidak sesuai lagi dengan harga pasar yang sebenarnya.

2. Lokasi

Berikutnya hal yang terpenting yang harus anda pertimbangkan sebelum memutuskan membeli properti adalah “lokasi”. Lokasi sendiri menjadi faktor pertimbangan yang paling utama seperti yang banyak disinggung oleh para pakar-pakar properti di dunia yang selalu mengatakan “location.. location..location..”

Lokasi dianggap menjadi faktor paling penting karena sebuah lokasi akan sangat mempengaruhi kenaikan harga dari properti.

Penting untuk anda perhatikan lokasi dari rumah yang akan dibeli, sebaiknya hindari lokasi yang berdekatan dengan sutet dan tempat ibadah yang terlalu dekat, dan pertimbangkan dengan baik lokasi yang bagus seperti pada padat pemukiman penduduk, dekat ke tempat-tempat kerja, dekat ke pom bensin ,perhotelan serta sarana umum lainnya.

3. Syarat

Setelah anda mempertimbangkan harga dan lokasi, maka berikutnya yang penting anda pertimbangkan andalah syarat untuk pembelian rumah tersebut. Sangat baik jika anda bisa menemukan penjual dengan harga dibawah pasar dan syarat pembayarannnya pun mudah seperti anda tidak diharuskan membayar DP terlebih dahulu dan pembayaran bisa dicicil selama dua tahun atu lima tahun dan sebagainya.

Sebaliknya hindari penjual yang membuat syarat yang terlalu memberatkan seperti harus membayar uang muka yang tinggi dan tenggang waktu pemayaran yang sulit di kompromikan.

4. Kondisi

Faktor berikutnya yang penting untuk anda pertimbangkan adalah kondisi dari properti yang akan akan anda beli tersebut, perhatikan usia bangunan jika bangunan masih dibawah usia 10 tahun maka bangunan tersebut biasanya masih tergolong baru, dan kurang dari 20 tahun tergolong pada usia bangunan mengengah sedangkan jika usia bangunan sudah melebihi dari 20 tahun biasanya akan dikategorikan sebagai banguan tua, untuk itulah pentingnya melihat kondisi sebuah bangunan yang akan dibeli apakah anda harus memerlukan biaya tambahan untuk melakukan perbaikan lagi atau tidak, dan jika perlu perbaikan lagi maka sebaiknya hitung atau estimasi dulu biaya untuk memperbaikinya agar anda tidak mengalami kerugian jika sudah membelinya.

Selanjutnya perhatikan juga kondisi dari rumah yang akan anda beli tersebut hindari perumahan yang masuk dalam sengketa dan juga rumah yang tidak memiliki sertifikat yang legal secara hukum seperti perumahan liar dan sebagainya. Sebaiknya belilah rumah yang minimal memilliki sertifikat seperti HGB dan SHM agar anda mudah jika mengagunkannya kembali ke bank untuk berbagai keperluan, selain itu dengan sertifikat yang jelas dan legal secara hukum akan menghindari anda dari berbagi maslah dan tuntutan di kemudian hari.

5. Motivasi penjual

Dan terakhir yang perlu juga anda lihat adalah motivasi dari penjual, lihat motivasi dari penjual, apakah memang dia ingin menjual cepat karena butuh uang baik itu untuk berobat, menyekolahkan anak, atau ingin secepatnya menjual properti tersebut karena ingin pindah ke luar kota, atau keluar negeri, pindah tugas dan sebagainya.

Motivasi penjual seperti dijelaskan tersebut, biasanya mereka menginginkan propertinya terjual cepat dan harga yang ditawarkan juga akan relatif lebih murah, sebaliknya hindari penjual yang tidak terlalu bermotivasi tinggi untuk menjual cepat, karena banyak diantara mereka yang tidak terlalu serius untuk menjual dan akhirnya membuat harga yang tinggi yang melewati harga pasar, tentu juga anda tidak mau bukan berurusan dengan penjual yang tidak benar-banar berniat untuk menjual? Berurusan dengan penjual yang kurang bermotivasi tinggi akan  membuat anda membuang-buang waktu dan sulit untuk diajak kompromi.

Jika anda menemukan penjual yang tidak bemotivasi tinggi seperti disebutkan tersebut sebaiknya tinggalkan saja dancar properti lainnya.

Demikianlah tulisan saya untuk 5 Analisa Kunci Sebelum Memutuskan Membeli Properti semoga dengan tulisan ini kita semakin bijak untuk mengambil keputusan ketika hendak membeli properti.

Baca juga artikel yang ini Alasan Terkuat Mengapa Anda Harus Beli Properti Sedini Mungkin

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *