Cara Bisnis Properti, Investasi Properti dan Desain Rumah Minimali

Usaha Properti

40% Orang Tak Mampu Beli Rumah, BTN Usulkan Rumah Pertama Tanpa DP

40% Orang Tak Mampu Beli Rumah, BTN Usulkan Rumah Pertama Tanpa DP ~ Seperti telah di singgung pada artikel sebelumnya, ada 40% orang Indonesia yang tidak mampu beli rumah. Hal ini dicatatkan Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR), ada 25 juta keluarga di indonesia saat ini tidak mampu beli rumah termasuk dengan cara kredit.

Jumlah tersebut setara dengan 100 juta orang atau sekitar 40% dari total penduduk Indonesia. Sebab itu, Direktur PT Bank Tabungan Negara (BTN) Mansyur Nasution, mengusulkan agar masyarakat bisa mudah memiliki rumah, sebaiknya pemerintah mengatur ulang ketentuan soal besaran uang muka atau down payment (DP) Kredit Pemilikian Rumah (KPR).

“Saya usulkan, khusus buat keluarga yang ingin membeli rumah pertama, atau mereka yang belum pernah punya rumah sama sekali itu untuk di bebaskan uang muka. Jadi mereka bisa dapat KPR tanpa uang muka, “ujarnya dalam diskusi soal program 1 juta rumah di Hotel Sahid, Jakarta pada awal bulan 2015.

Ide pembahasan bebas uang muka tersebut diharapkan bisa menjasi solusi di tengah kelesuan ekonomi yang terjadi saat ini. Menurutnya, usul pembebasan uang muka bagi pembeli rumah perama, adalah wajar bila di terapkan di Indonesia.

Lebih lanjut ia mengatakan kelompok masyarakat yang beli rumah pertama adalah kelompok yang secara ekonomi masih sangat rendah.

Baca juga:

Perencanaan Cerdas Sebelum Mengajukan KPR

Inilah 9 Keuntungan Beli Rumah KPR

Penyebab KPR Pekerja Luar Negeri Di Tolak

Perbedaan Suku Bunga Flat Dan Efektif

“Jika sudah rumah kedua, ketiga dan seterusnya harus di atur ketata nggak apa-apa karena memang condong untuk spekulasi. Tapi kalau untuk rumah pertama, kan itu mereka benar-benar butuh untuk di tempati, sementara kemampuan mereka secara ekonomi masih terbatas. Jadi wajar kalau aturannya di buat lebih longgar,” ujar Mansyur.

Demikian artikel 40% Orang Tak Mampu Beli Rumah, BTN Usulkan Rumah Pertama Tanpa DP yang kami rangkum dari detik.com semoga bermanfaat untuk kita semua.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *